Home / Headline / Perangkat Desa Provokasi Warga Bunuh Terduga Pencuri Kambing

Perangkat Desa Provokasi Warga Bunuh Terduga Pencuri Kambing

Anggota Satreskrim Polres Muaraenim bersama tersangka Nasir melakukan rekonstruksi pembunuhan, Kamis (25/1). BP/NURUL

Muaraenim, BP–Tersangka Abdul Nasir yang merupakan oknum perangkat Desa Tanjung Muning, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muaraenim diduga berperan memprovokasi warga.

 Selain sempat memukul punggung korban Bawan yang tewas dikeroyok, Ketua Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) tersebut juga berteriak “bunuh” dan “massa-kan”.

Hal itu terungkap dari rekonstruksi yang memperagakan 18 adegan pengeroyokan terhadap korban yang digantikan petugas di halaman Mapolres Muaraenim, Kamis (25/1).

Aksi pengeroyokan terhadap warga Desa Tais, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI ini bermula saat korban datang ke rumah adiknya bernama Rudianto, di Desa Lubuk Mumpo, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muaraenim.

Lalu korban yang diduga terlibat pencurian kambing milik warga di Desa Tanjung Muning, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muaraenim ini dikeroyok warga, pada Mei 2016 lalu.

Tak terima dengan aksi main hakim sendiri itu, keluarga korban melaporkan balik kasus tersebut dan akhirnya petugas mengamankan tersangka Abdul Nasir.

Sebelumnya, anggota Satreskrim Polres Muaraenim juga telah mengamankan dua pelaku lain yang terlibat dalam kasus pembunuhan tersebut dan saat ini telah menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (LP) klas II Muaraenim.

Sedangkan tiga pelaku lainnya, yakni Madi, Bowo dan Adi masih dalam pengejaran aparat kepolisian.

Kasat Reskrim Polres Muaraenim AKP Agus P didampingi Kanit Pidum Iptu Rusli mengatakan bahwa rekonstruksi ini memperagakan 18 adegan sebagai bagian dalam penyelidikan sebelum berkas tersangka diserahkan ke kejaksaan untuk diadili.

“Selanjutnya berkas perkara tersangka akan dilimpahkan kepada tim jaksa untuk dilakukan proses penuntutan dan dalam kasus ini kita juga masih melakukan pengejaran terhadap pelaku lain yang diduga terlibat,” katanya. #nur

 

x

Jangan Lewatkan

Museum Harus Jadi Media Pembelajaran dan Pembinaan Karakter Bangsa

Palembang, BP Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  Provinsi Sumsel dan UPTD Taman Wisata  Kerajaan Sriwijaya ...