Home / Palembang / Jemput Bola Pinjaman UKM

Jemput Bola Pinjaman UKM

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda saat mengunjungi sentra pembuatan kerupuk di Lorong Manggis, Kelurahan Silaberanti.

Palembang, BP — Pemerintah Kota Palembang jemput bola pemberian pinjaman tanpa agunan yang dikhususkan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM). Pinjaman tanpa agunan mulai Rp3 juta dengan bunga ditanggung oleh pemerintah.

Pemberian pinjaman modal tanpa agunan bagi 1000 UKM di Palembang pada tahun ini dilakukan Pemerintah Kota Palembang bekerja sama dengan Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) Palembang.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, pemberian bantuan bagi UKM yang ingin mengembangkan usahanya baik itu kuliner ataupun kerajinan dan bentuk usaha kecil lainnya. “Pinjaman mulai sekitar Rp3 juta – Rp5 juta ini sudah mulai berjalan dari tahun lalu yang ditargetkan bagi 1000 pelaku usaha,” katanya usai mengunjungi sentra kerupuk di Silaberanti,” Rabu (24/1).

Pemerintah Kota Palembang telah menganggarkan dana penyertaan modal bagi program pemberian pinjaman tanpa agunan. Meski tidak menyebutkan angkanya, namun dana tersebut telah masuk ke dalam anggaran 2017. “Bunga 18 persen per tahun yang seharusnya dibebankan kepada UKM, kita yang menanggung,” katanya.

Ia mengatakan, pelaku usaha bisa mengajukan permohonan peminjaman kepada pemerintah setempat. Nantinya, meskipun prosesnya salah satunya adalah adanya survey terlebih dahulu. Sebab, pinjaman tersebut berlaku hanya bagi pengusaha kecil saja. “Setiap pedagang bisa mengajukan pinjaman, hanya saja harus ada kriteria khusus yang dapat menerimanya. Para pedagang dapat mengajukan permohonannya ke kecamatannya masing-masing,” jelasnya.

Ia mengatakan, usaha kecil ini seperti usaha gorengan, bakso, pempek dan home industri lainnya. Dikatakannya, pihaknya memberikan bimbingan teknis kepada petugas kecamatan sebab masyarakat daftar di kecamatan. “Prosesnya tidak lama jika persyaratan cukup tidak sampai seminggu. Program ini berlaku bagi seluruh UKM di 18 kecamatan di Palembang,” ujarnya. #pit

x

Jangan Lewatkan

Prihatin Masalah Kebersihan di Area Permukiman, Renny Astuti dan Akbar Alfaro Bagikan Alat Pengelolaan Sampah kepada Masyarakat

Palembang, BP–Masalah sampah dan kebersihan saat ini masih menjadi salah satu polemik serius dan mendasar di kota Palembang. Pasalnya, meski ...