Home / Headline / Dari Lampung, Presiden Jokowi di Palembang Untuk Resmikan Sejumlah Acara

Dari Lampung, Presiden Jokowi di Palembang Untuk Resmikan Sejumlah Acara

BP/IST
Persiapan pengamanan kunjungan kerja Presiden RI Jokowi di kota Palembang, Minggu (21/1).

Palembang, BP

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo ke Palembang, yang direncanakan Minggu (21/1) sore tiba di Palembang guna melakukan kunjungan kerja di kota Palembang dan Banyuasin. Untuk itu Polda Sumsel dan jajaran melakukan pengamanan khusus atas kedatangan presiden tersebut.
Presiden Jokowi berangkat ke Provinsi Lampung untuk meresmikan salah satu ruas Jalan Tol Trans Sumatera, rencananya sore nanti, sudah akan tiba di Kota Palembang.
Presiden Jokowi rencananya akan lepas landas dari Bandara Radin Inten II, Lampung dan tiba di Kota Palembang sekitar pukul 18.27 memakai helly Puma di Lanud Palembang. Rencananya Presiden Jokowi akan menginap di Hotel Excelton Palembang.
Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan, pengamanan menjelang kedatangan presiden Jokowi seperti biasa kunjungan Presiden dan wakil Presiden di berbagai kota baik dalam maupun luar negeri.
“Ada skema pengamanan yang diterapkan sesuai protap keamanan yang sudah diatur dalam pengamanan kunjungan Presiden maupun wakil Presiden,” kata Kapolda.
Adapun protap pengamanan yang diterapkan, ring utama adalah pasukan dari Paspampres, ring kedua gabungan dari unsur TNI, dan ring ketiga dari Satuan Polda Sumsel.

BP/IST
Persiapan pengamanan kunjungan kerja Presiden RI Jokowi di kota Palembang, Minggu (21/1).

“Mulai nanti sore, beliau (Jokowi) sudah datang dan tentulah kami melaksanakan pengamanan khusus. Leading sektor pengamanan VVIP sesuai ketentuan teman-teman dari Kodam untuk pengamanan Ring I dan kami polisi dari Polda Sumsel, serta Polresta Palembang berada di Ring II dan III,” katanya.
Orang nomor satu di Polda Sumsel ini juga menjelaskan, dalam pengamanan kunjungan Presiden Jokowi meliputi, penyiagaan petugas khususnya di tempat-tempat yang akan dikunjungi oleh Presiden.
Hal ini dilakukan, selain sudah menjadi protap, pihaknya menyiagakan juga personel di setiap persimpangan jalan yang akan dilewati semua rombongan Presiden. “Untuk pengamanan VVIP sudah ada standarnya, tidak bisa terlalu detail,” kata Kapolda.
Terkait personel yang diterjunkan, jenderal bintang dua ini menambahkan, guna memgamankan kedatangan Presiden, pihaknya sudah mengadakan rapat bersama Polresta Palembang. Dimana akan menerjunkan sebanyak 918 personel kepolisian baik dari Polda Sumsel maupun Polresta Palembang.
“Jumlah itu hanya dari pihak kepolisian, dari jumlah tersebut pastinya akan lebih banyak lagi, karena kedatangan Presiden Jokowi tentunya akan melibatkan semua instansi, TNI, Dinas Perhubungan, pemerintahan, dan lain-lain. Hal ini guna menghindaru hal-hal yang tak diinginkan selama Presiden berada di Palembang, apalagi beliau menginap,” katanya.
Kabag Ops Polresta Palembang Kompol Maruly Pardede menambahkan, pihaknya sudah mengadakan rapat bersama Polda Sumsel terkait kedatangan Presiden Jokowi ke Palembang.
Dalam hasil rapat tersebut, yang akan bertugas pengamanan kunjungan orang nomor satu di Indonesia tersebut menerjunkan personel dari Sat Brimob, Sabhara, Intel, Reskrim, Binmas, Lantas, Narkoba, yang terbagi dalam 12 zona pam jalur/rute, 9 pam lokasi obyek.

BP/IST
Persiapan pengamanan kunjungan kerja Presiden RI Jokowi di kota Palembang, Minggu (21/1).

“Semua personel akan mulai bersiaga selama Presiden berada di Palembang, apalagi direncanakan akan bermalam di Palembang, tentunya pengamanan di tempat bermalamnya akan dijaga sebelum dan sesudah rombongan kepresidenan menginap,” katanya.
Salah satu kunjungan kerja yang akan dilalui Presiden RI Joko Widodo besok,Senin, (22/1) adalah mengunjungi SMA unggul Negeri 1 Palembang. Sekolah yang baru-baru ini mengadopsi kurikulum dunia yakni Cambridge.
Namun kunjungan orang nomor satu Indonesia ke sekolah tersebut bukan tentang kurikulum Cambridge tapi membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Kartu yang ia gadang-gadang sejak ia kampanye menjadi calon Presiden.
Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Widodo MPd menyebutkan bahwa kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo diharapkan mampu memberikan semangat yang baru dan dorongan bagi para pelajar.
“Kehormatan ini juga mendekatkan cerita tentang istana dan presiden itu bisa disentuh, berkomunikasi, dan bahkan bisa selfie, jadi bisa menjadi pelajaran kongkrit bagi siswa baik,” jelasnya.
Berkaitan dengan itu dikatakan Widodo tentu, ini menjawab tantangan dunia. Bagaimana pendidikan di Sumsel yang saat ini terus mengalami percepatan. Dengan harapan ada dorongan dan motivasi mengenai peluang pendidikan di dunia dari Presiden.#osk

Jadwal Kunjungan Presiden RI
Minggu, 21 Januari 2018

17.45 Presiden Republik Indonesia lepas landas Lampung
18.27 Landing Lanud Palembang ( helly puma)
18.35 Menuju Hotel Excelton
19.00 tiba di Hotel Excelton

Senin, 22 Januari 2018

08.00 menuju lokasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Harapan 1.000 Orang
Di SMA N 1 Kota Palembang KIP 1700 Orang

08.45 menuju PSCC

09.00 di PSCC Penyerahan Sertifikat Tanah (5.000 Orang)
10.40 menuju ke Stadion Jakabaring Sport Center
11.00 di Stadion Jakabaring Sport Center
Acara Pembukaan Kongres Nasional perhimpunan Mahasiswa Katolik Indonesia ke-30 (3.000 Orang) (Kapten Cpm Franky Manengkey )
11.55 Acara Selesai

12.05 Makan Siang dan Shalat (Rumah Makan Wong Kito Palembang

13.00 Makan Siang Selesai
13.15 Melihat Peninjauan Program Padat Karya di Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin
15.30 Take Off dari Bandara SMB II Palembang menuju Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta.

x

Jangan Lewatkan

HUT Golkar ke-56,  di Sumsel Digelar Kampanye Kebiasaan Baru 3M Hingga Rekor Muri

Palembang, BP Dewan Pimpinan Daerah (DPDl) Partai Golkar provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), akan menggelar rangkaian perayaan hari ulang tahun (HUT) ...