Home / Headline / Puluhan Kios Pasar Buah Jakabaring Terbakar

Puluhan Kios Pasar Buah Jakabaring Terbakar

Petugas dan warga berupaya memadamkan kebakaran di Pasar Buah Jakabaring, Rabu (10/1). BP/HAFIDZ

Palembang, BP–Diduga kerena korsleting listrik, puluhan kios yang merupakan gudang penyimpanan buah-buahan di Pasar Buah Jakabaring, Jalan Pangeran Ratu, Kelurahan 15 Ulu ludes dilalap si jago merah, Rabu (10/1).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, api muncul sekitar pukul 12.00 dari salah satu kios di Blok B Kompleks Pasar Buah Jakabaring. Warga mengetahui kejadian ini setelah api sudah membesar.

Karena aktivitas di pasar tersebut baru beroperasi pada malam hari, sementara pada siang hari pasar tersebut sepi. Warga pun melaporkan kejadian itu seraya berupaya memadamkan api secara konvensional.

Namun api yang terlanjur membesar sehingga tidak bisa ditanggulangi warga. Satu jam pasca kebakaran, 10 unit mobil pemadam kebakaran tiba untuk memadamkan api.

Kodisi kios yang terkunci karena belum beroperasi menyulitkan upaya pemadaman. Namun tak butuh lama, petugas pemadam kebakaran berhasil menjinakkan api setengah jam setelah tiba.

Muklis (55), salah satu pemilik kios yang terbakar tengah terlelap di dalam kios miliknya saat peristiwa kebakaran tersebut terjadi. Tiba-tiba, rolling door kios digedor penjaga di pasar buah tersebut. “Kebakaran-kebakaran, mereka teriak. Saat itu, api belum menyambar kios saya, tapi memang sudah terasa panas,” katanya.

Sementara saksi Ujang (45) mengatakan, saat ia tengah membersihkan halaman di pasar buah Jakabaring, tiba-tiba ia melihat kepulan asap hitam keluar dari kios buah milik Uju Leman.

“Dari luar hanya keluar asap saja. Tapi saat didekati, di dalam kios itu api sudah mulai membesar,” terangnya.

Kanit Reskrim Polsek SU I Palembang Ipda Alkap mengatakan‎, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah, karena ada sekitar 20 kios yang terbakar.

“Diduga kebakaran ini terjadi karena korsleting listrik. Namun masih kita selidiki. Kita juga sudah mengamankan beberapa barang bukti,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala PBK Kota Palembang Diki Lenggardi Tatung membenarkan peristiwa itu dan api baru dapat dipadamkan selama 30 menit dengan delapan unit mobil pemadam kebakaran. #idz

 

x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Geram, Data Orang Tidak Mampu Penerima Bantuan Pemerintah  Gunakan Survey BPS 2015

Palembang, BP Komisi V DPRD  Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) geram lantaran penyebab banyaknya orang tidak mampu yang tidak mendapatkan bantuan ...