Home / Headline / KPU Sumsel Terima DP4 Dari KPU RI

KPU Sumsel Terima DP4 Dari KPU RI

BP/DUDY OSKANDAR
Heny Susantih

Palembang, BP

Anggota KPU Sumatera Selatan (Sumsel) Heny Susantih mengatakan, kalau sekarang ini pihaknya sudah menerima Daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) dari KPU RI.
Menurutnya jumlah DP4 yang diterima KPU Sumsel itu sebanyak 5.885.836 orang yang terdiri atas laki-laki sebanyak 2.987.461 orang dan perempuan sebanyak 2.898.375 orang.
“Saat ini kita sedang proses yang terjadi di KPU Sumsel, kita melihat data itu dan kita juga minta kepada KPU kabupaten dan kota untuk mengelompokkan data pemilih ini berdasarkan nomor kartu keluarga (KK) sehingga nanti petugas pemutakhiran data di lapangan bekerja rapi,” katanya, Kamis (4/1).
Dan pendataan tersebut menurutnya harus berdasarkan by name dan by address sebelum diturunkan ke bawah dalam hal ini ke PPS dirapikan dulu sesuai dengan Kartu Keluarga (KK) yang ada.
Sedangkan untuk proses pemutakhiran data pemilih itu akan dilaksanakan pada 20 Januari nanti, kalau sekarang ini masih dalam proses penyerahan DP4 sampai 19 Januari 2018.
Selanjutnya pemutakhiran data pemilih itu akan dilaksanakan 20 Januari sampai 18 Februari 2018.
“Sekarang ini kita sedang mempersiapkan bimbingan teknis untuk petugas pemutakhiran data pemilih supaya memang masyarakat yang sudah layak untuk dicoret harus dicoret mesti di coret sehingga tidak muncul lagi di dalam data pemilih. Jadi, lanjutnya yang dicoret itu seperti biasa yang meninggal dunia, masuk TNI/Polri, selanjutnya yang dicabut hak pilihnya, pindah alamat, kemudian kalau namanya tetapi tidak dikenal dicoret dan memasukan pemilih baru, itu yang dicoret,” katanya.
Sedangkan, untuk pemilih pemula yang umurnya 17 tahun pada waktu hari pencoblosan 27 Juni 2018 itu juga dimasukan ke data pemilih.#osk

x

Jangan Lewatkan

Kapolda Sumsel Hadiri Gelar Operasi Triwulan Ke-2 Tahun

Palembang, BP Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel)  Irjen Pol Prof. Dr. Eko Indra Heri S., MM didampingi Wakapolda Sumsel Brigjen Pol ...