Home / Bisnis / Pelanggan di Palembang Keluhkan Jangkauan 4G XL

Pelanggan di Palembang Keluhkan Jangkauan 4G XL

XL mengklaim telah 100 persen menjangkau 4G di Palembang, tapi pelanggan menyebutkan masih banyak kawasan tidak ada sinyal 4G, seperti beberapa kawasan di Sematang Borang, Sako, Kenten, Tanjung Barangan, Alang Lebar. Padahal, kawasannya padat penduduk.

Palembang, BP

Pelanggan XL di Palembang mengeluhkan jaringan 4G XL yang masih belum menjangkau sejumlah kawasan di Palembang. Padahal, XL mengklaim telah 100 persen mengjangkau kota dan kabupaten di Sumsel.

Wawan (34) warga Jalan Tanjung Barangan Kelurahan Bukit Baru Kecamatan Ilir Barat 1, mengatakan dirinya pelanggan XL yang sering menggunakan jaringan data XL pada smartphonenya.

Soal kuota menurutnya XL lumayan murah, hanya saja soal jaringan terutama 4G, cukup susah untuk didapatkan. Sehingga kuota 4G lokalnya terbuang dan tidak bisa digunakan.

Wawan mengaku, menggunakan paket Xtra Combo Lite yang paket kuotanya terbagi-bagi. Ada paket 2G, 3G, 4G dan ada juga paket lokal 4G. “Nah paket lokal 4G ini sering tidak terpakai karena jaringanya sering tidak ada,” kata Wawan.

Wawan mengatakan, dirinya pernah daftar paket Rp50ribuan dengan pembagian kuota 2 GB untuk 2G,3G,4G, kemudian 4GB untuk lokal 4G, 1GB untuk Youtube. “Kalau diitung-itung kuotanya sedikit yang bisa terpakai, solusinya ganti provider saja,” katanya.

Demikian dikatakan warga Kecamatan Sako, Rian (28), dirinya mengaku cukup kesal karena jaringan XL sering hilang ketika hujan dan sesudah hujan. Menurutnya, 100% 4G yang diklaim XL hanya slogan bisnis.

“Kurang paham penyebabnya, ponsel sudah 4G, paket masih banyak, tapi jaringannya sulit sekali. Solusi terbaiknya ya ganti kartu saja,” kata Rian.

Rian mengaku, pernah berada di kawasan komplek Pusri Masjid Alqobah 1, jaringan XL pada kawasan ini jaringan XL bahkan tidak bisa digunakan. “Bukan hanya saya, beberapa teman saya menggunakan XL juga tidak bisa akses,” katanya.

Sementarat itu, Corporate Communication XL Axiata Bertrand Samuel F. Sinabariba mengatakan, bahwa XL telah 100 persen menjangkau Kotan dan Kabupetan di Sumsel. Hanya saja, pihaknya mengupgrade 4G berdasarkan potensial area.

Ditanya mengapa masih banyak kawasan di Palembang yang belum terjangkau jaringan 4G, Bertrand mengakui data terakhir di Palembang rasio 4G terhadap BTS sebesar 40% dan masih progress menjangkau kawasan potensial.

Terkait XL yang mengklaim telah 100 persen menjangkau 4G di Sumsel, padahal faktanya di Palembang sejumlah kawasan cukup sulit mendapatkan sinyal 4G padahal providerl lain sudah menjangkau, XL mengklaim ada itung-itungannya.

“Ada itung-itungannya, tidak sama kalkulatornya, strategi masing-masih perusahaan, kalau memang area yang dimaksud belum 4G, ya kita tunggu saja tanggal mainnya, karena untuk upgrade 4G kami tidak sembarangan, sudah ada yang berkompeten untuk menghitungnya,” ujar dia.

Terkait kawasan komplek Pusri Masjid Alqobah 1 yang sulit menjangkau jaringan XL, Xl mengakui area ini memang agak jelek sinyalnya, karena toer tidak ada pada area ini, dan hanya mengcover di luar komplek, sehingga jarak pelanggan ke site terdekat terlalu jauh. #ren

x

Jangan Lewatkan

Siap Mandiri Palembang Gelar PKW Ciptakan Pengusaha Otomotif

Palembang, BP–Lembaga Kursus dan Pelatihan Teknik Otomotif Siap Mandiri Palembang terus berupaya mencetak para pengusaha otomotif guna mendukung program pengentasan ...