Home / Headline / Dodi Bangun Kawasan Golden Triangle di Muba

Dodi Bangun Kawasan Golden Triangle di Muba

Bupati Muba H Dodi Reza Alex menemui warga.

Sekayu, BP–Muba Golden Triangle, segitiga emas yang digadang jadi poros ekonomi baru Musi Banyuasin dibangun di wilayah tengah Muba. Meliputi Tungkal Jaya, Keluang, Sekayu. Wilayah ekonomi baru ini akan direkatkan dengan pembangunan jalan yang meluas ke Kecamatan Batanghari Leko, Sungai Keruh, Plakat Tinggi hingga Kecamatan teranyar Jirak Jaya. Bahkan untuk mendukung daerah unggulan baru ekonomi Muba juga dibangun jalan darat dari Lalan menuju Sungai Lilin. Untuk mempermudah akses warga Bayung yang hendak menuju Desa Medak dibangun jembatan. Kini warga Medak maupun sebaliknya di wilayah Bayung Lencir tak perlu menghabiskan waktu. Mereka tak lagi memutar jauh ke Jambi.

“Di Golden Triangle ini bukan saja dibangun jalan baru, pelebaran jalan serta peningkatan mutu jalan. Ketika areal ini terbuka, maka segera didirikan pabrik-pabrik hilirisasi industri sawit dan karet. Akses terbuka, pusat industri dekat dengan daerah produksi. Adanya pabrik di sekitar daerah produksi tentu potensi peningkatan ekonomi petani melonjak,” terang Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin, Rabu, (27/12), di ruang kerjanya.

Seluruh rencana ini, tambah Dodi, kini sudah masuk pada masa persiapan lelang. “Pertengahan Januari 2018 sudah dilelang. Sebulan berikutnya penandatanganan kontrak kerja. Maka 2018 semuanya beres. Kita diuntungkan dengan capaian Muba tercepat se Indonesia memyelesaikan APBD 2018 bersama DPRD Muba. Ratusan kilo meter jalan di lebih 4 kecamatan penyokong segitiga emas Muba ini kita topang dengan alokasi 450 miliar rupiah,” tegas Dodi.

Terpisah Plt Kepala Dinas PU PR, Herman Mayori membeberkan pihaknya kini telah melakukan tayang lelang sebanyak lima kegiatan. “Untuk kegiatan di semua lini penunjang segitiga emas Muba, saat ini tinggal menghitung hari pelelangan. Sesuai target maka bulan February 2018 sudah bisa berjalan usai penandatanganan kontrak kerja,” jelas Herman.

Percepatan pembangunan yang dilakukan Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin akan membuka tiga daerah yang belum tersentuh pembangunan. Pembangunan infrastruktur tersebut dinamai dengan Golden Triangle atau Segita Emas.

“Ya, pada tahun depan kita sudah mempunyai banyak program dalam pembangunan darah. Salah satunya akan membuka daerah-daerah yang belum tersentuh pembangunan, dimana daerah tersebut antara lain Tungkal Jaya, Batanghari Leko, dan Keluang. Selama ini jika kita bicara pusat ekonomi ada di jalintim. Tapi ini kawasan tradisional berupa perdagangan dan niaga. Nah di wilayah ekonomi baru ini, kita bangin industri hilirisasi selain pembukaan akses jalan. Daerah ini Golden Triangle,” kata Dodi Reza Alex Noerdin.

“Upaya yang kita lakukan ini untuk membuka keterisoliran kawasan tersebut, sehingga tercipta segita emas pada daerah terisolir. Pembangunan jalan tersebut merupakan pembangunan jalan Trans Musi Banyuasin,” ungkapnya.

Pembangunan jalan Trans Muba ini ada beberapa ruas yang kita programkan, sehingga pembangunan jalan nantinya bertujuan dapat menyambungkan jalan-jalan yang sudan ada bahkan jalan negara dan bisa tembus pada kabupaten tetangga. “Seperti contoh pembangunan jalan yang berada di Lalan dan jembatan di Mendis merupakan proyek strategis kita pada tahun depan sehingga masyarakat sekitar tidak perlu lagi jauh memutar ke Jambi,” ujarnya.

Lebih jauh Dodi menjelaskan, pembangunan yang ada di Muba sebenarnya ada tiga item yang harus segera diselesaikan bahkan sewaktu menjadi anggota DPR RI hal utama yang harus dilakukan yakni jalan, listrik dan air bersih.

“Dalam membangun kawasan Golden Triangle anggaran yang dipersiapkan sebesar Rp450 miliar yang terdiri dari APBD Muba. Kita targetkan pada 2018 pengerjaan jalan strategis selesai, karena sebelumnya kita telah mengesahkan APBD tercepat hal tersebut agar segera dilakukan lelang dan pengerjaan sehingga bulan Desember semuanya sudah selesai,” ungkapnya.#arf

x

Jangan Lewatkan

Ketua MPR Minta Pemerintah Korea Selatan Berikan Perhatian Khusus Kepada WNI Penderita Corona

Jakarta, BP–Ketua MPR RI Bambang Soesatyo melalui Wakil Ketua Parlemen Korea Selatan meminta pemerintah Korea Selatan memberikan perhatian khusus terhadap ...