Home / Olahraga / Prabumulih, Tuan Rumah Perpaprov 2019

Prabumulih, Tuan Rumah Perpaprov 2019

IST
PERPAPROV: Ajang penutupan Pekan Paralympian Provinsi (Perpaprov) I di Bumi Muara Enim, Senin (25/12) malam.

Palembang, BP– Setelah melalui perjuangan yang begitu sulit, akhirnya Pekan Paralympian Provinsi (Perpaprov) perdana kaum disabilitas di Bumi Muara Enim sukses digelar. Ajant Perpaprov kedua pun akan digelar pada 2019 yang akan datang di Bumi Prabumulih.
Pasalnya, Muara Enim sebagai otoritas tuan rumah mengundurkan diri tiga hari jelang pelaksanaan. Alhasil, dengan dukungan semua kontingen Perpaprov perdana pada 23-25 Desember tuntas dengan Ogan Ilir menjadi jawara.
Ogan Ilir sukses menuai prestasi 27 keping emas, 11 perak dan perunggu dan diikuti sang runner up kontingen OKI dengan 19 emas, 17 petak dan 17 perunggu sementara peringkat tiga berhasil disabet Prabumulih.
Sementara itu, Kota Metropolitan Palembang mendarat drastis diposisi ke 9 dengan puas hanya meraih 4 emas dan 4 perak. Sementara Muara Enim dipaksa hanya meraih 9 emas, 5 perak dan 3 perunggu.
“Ini Perpaprov perdana, setiap permulaan pasti ada kesulitan dan ternyata semua diluar dugaan,”ujar Ketua Umum National Pqralympic Committe (NPC) Sumsel, Ryan Yohwari, Selasa (26/12).
Pasalnya, lanjut Ryan bahwa usai Muara Enim mundur dari tuan rumah segala bentuk dukungan sulit. Sehingga upaya dilakukan hanya meminjam tempat tanding.
Beruntung, berbagai kabupaten lain yang peduli dengan ajang ini turut membantu dengan berbagai upaya sehingga semua diluar dugaan dan ekspektasi.
“Seperti bus atlet kita dibantu Pemerintah Prabumulih, Tim Kesehatan dibantu Pemerintah Pali dan lainnya,”terangnya.
Dirinya berharap, ajang Perpaprov kedua yang bakal digelar di Prabumulih 2019 bisa lebih maksimal lagi baik dalam penyelenggaraan maupun dari segi prestasi.
“Alhamdulillah, Walikota Prabumulih menyatakan siap menjadi tuan rumah. Dan kita pun menyambut baik keinginan Prabumulih,”jelasnya.
Kedepan Perpaprov akan lebih dimaksimalkan dari lima cabang olahraga yakni atletik, tenis, renang, catur dan bulutangkis menjadi penambahan berbagai main sport sehingga pemetaan lebih kuat.
“Evaluasi ini sangat luar biasa, ternyata semua bahu membahu, banyak yang membantu. Kita berharap ada Jendy-Jendy lain yang tumbuh sehingga pemetaan atlet provinsi banyak masuk ke level Internasional,”pungkasnya. #sug
Klasmen Medali Perpaprov 2017 di Muara Enim
1. Ogan Ilir: 27, 11, 2
2. OKI: 19, 17, 17
3. Prabumulih: 14, 11, 19
4. Muara Enim: 9, 5, 3
5. Pali: 8, 7, 5
6. Lahat: 7, 17, 5
7. Banyuasin: 7, 2, 1
8. Musi Rawas: 4, 4, 8
9. Palembang: 4, 4, 0
10. Pagaralam: 2, 1, 3
11. OKU: 1, 3, 6
x

Jangan Lewatkan

Kenalkan Olahraga Disabilitas ke Masyarakat, NPCI Sumsel Gelar Laga Persahabatan Bersama Kapolda

Palembang, BP–Sebagai langkah untuk sosialisasi ajang Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) OKU 2021, Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) Papua 2021 dan ASEAN ...