Home / Hukum / Perpanjang Libur Siap-siap Kena SP

Perpanjang Libur Siap-siap Kena SP

Palembang, BP–Setelah menghabiskan masa libur Natal 2017 dan cuti bersama, Pemerintah Kota Palembang mengharapkan seluruh pegawai untuk kembali masuk kerja seperti biasa pada Rabu (26/12). Tak ada ampunan bagi yang memperpanjang masa liburan akan langsung dikenakan surat peringatan (SP).
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palembang, Ratu Dewa mengatakan, pasca libur panjang, hal yang biasa dilakukan adalah melakukan inspeksi mendadak (Sidak). Untuk itu pihaknya menyiapkan tim khusus untuk melakukan sidak ini, memeriksa langsung PNS dan pegawai lain yang belum masuk. Tim sidak ini akan disebar mulai dari instansi terbawah, yakni keluruhan sampai OPD.
Bagi mereka yang sudah beberapa kali melakukan pelanggaran, memperpanjang libur cuti bersama tanpa alasan yang jelas pihaknya akan memberikan sanksi tegas berupa sanksi tegusan tertulis yang ketiga. Ia mengatakan, libur nasional Natal dan cuti bersama itu dua hari ditambah dengan waktu libur mingguan. Pihaknya menilai dalam waktu sekitar empat sudah cukup.
“Pegawai yang sengaja memperpanjang masa liburan akan kami beri SP. Namun kami memberikan toleransi kepada mereka yang cuti bersalin dan cuti umroh,” jelasnya.
Untuk mengontrol kinerja para pegawainya, pihaknya akan melakukan inspeksi dadakan (Sidak) bersama pejabat tinggi Pemkot Palembang ke setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Jika pada sidak itu ditemukan pegawai yang bolos kerja, pihaknya tidak akan segan-segan memberikan sanksi.
“Ada tiga sanksi yang diterapkan mulai dari sanksi ringan sampai penundaan gaji dan penurunan jabatan, itu bagi yang tidak ada keterangan. Kecuali misalnya ada musibah atau sakit, bisa disertai surat dari dokter,” ujarnya. #pit
x

Jangan Lewatkan

Sempat Bergumul Dengan Polisi, Pemuda Bawa Pedang Ditangkap

Palembang, BP–Kerap membawah senjata tajam (sajam) dan meresahkan warga, Saju (26) terpaksa diringkus Anggota Unit Reskrim Polsek Seberang Ulu (SU) ...