Home / Headline / Natal Aman, Gubernur Bersama Pangdam II Sriwijaya dan Kapolda Sumsel Anjangsana ke Umat Nasrani

Natal Aman, Gubernur Bersama Pangdam II Sriwijaya dan Kapolda Sumsel Anjangsana ke Umat Nasrani

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin bersama Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI AM Putranto dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Zulkarnain saat berada di Pusat Keuskupan Agung Palembang di Jalan Tasik 18 Palembang, Senin (25/12).

Palembang, BP–Sinergitas TNI/Polri dalam mengamankan ibadah dan perayaan Natal tahun 2017 berbuah situasi yang kondusif di wilayah Sumbagsel. Kebersamaan kegiatan itu telah terlihat sejak dilangsungkannya Apel Gelar Kesiapan Pengamanan Gabungan oleh TNI/Polri di Mapolda Sumsel beberapa hari lalu  dilanjutkan semalam (Minggu, (24/12) Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI AM Putranto bersama Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Zulkarnain dengan berkendara sepeda motor, telah melakukan pemantauan sekaligus pengecekan pelaksanaan operasi pengamanan di beberapa titik rawan, baik pos di jalur-jalur lalu lintas maupun pengamanan di gereja-gereja.

Senin, (25/12), suasana di wilayah secara umun berlangsung kondusif dan kalangan jemaat Nasrani telah dapat melangsungkan ibadahnya dengan khidmat. Kesiapan Polda Sumsel beserta jajaran didukung Kodam II Sriwijaya cukup maksimal, inilah salah satu hasil dari kerjasama dan kebersamaan yang selama ini telah terjalin dengan baik antara TNI/Polri.

Sinergitas tersebut secara nyata memberikan rasa nyaman dan aman bagi umat Kristiani yang merayakannya Natal sekaligus bagi warga masyarakat yang sedang menikmati libur panjang dengan bepergian atau berwisata.

Pukul 10.00, Pangdam dan Kapolda Sumsel diiringi staf bertolak dari Halaman Mapolda Sumsel, menuju Pusat Keuskupan Agung Palembang di Jalan Tasik 18 Palembang.

Setibanya di lokasi, rombongan diterima oleh Uskup Agung Palembang Mgr Aloysius Sudarso, SCJ dengan sambutan hangat dan penuh keramahan oleh seluruh jemaah.

Telah hadir pula di sana, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin yang telah sejak awal hadir turut menyambut kedua pejabat keamanan tersebut, sehingga dalam satu moment para petinggi wilayah itu bersama-sama melaksanakan ramah tamah.

Dalam kesempatan ini pula, Alex berbincang-bincang hangat bersama Pangdam II Sriwijaya, Kapolda Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Uskup Agung Palembang Mgr Aloysius Sudarso SCJ, Kapolres Palembang, dan unsur FKPD maupun SKPD yang sempat hadir. Tak menunggu waktu lama, usai bincang-bincang Alex mencicipi hidangan yang telah disajikan baik itu makanan khas asli Palembang, maupun masakan khas Indonesia.

Seperti biasa Alex melontarkan pernyataan yang menjadi kebanggaannya di setiap kesempatan, yakni kondusifitas yang sudah menjadi karakteristik Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Terbukti, saat perayaan Natal setiap tahunnya baik Gubernur, Pangdam, Kapolda maupun FKPD terkait lainnya hadir dan saling menghormati antar umat beragama.

Tidak hanya itu saja, lanjut Alex, Provinsi Sumsel juga sudah terkenal seantero negeri ini sebagai provinsi yang zero konflik  baik itu kerusuhan antar umat bergama, etnis hingga budaya.

“Selamat Natal dan Tahun baru bagi masyarakat yang merayakan masyarakat Sumsel khususnya dan Indonesia pada umumnya, Jaga selalu kerukunan di antara kita, kerukunan antar umat beragama,” katanya.
Dalam kesempatan yang sama Alex juga menghimbau masyarakat untuk tetap rukun, damai, dan menciptakan kenyamanan. Sehingga bagi siapa saja yang berkunjung ke Sumsel dapat merasakannya. Apalagi tahun depan menjadi tantangan bagi Indonesia dalam menyelenggarakan pesta olahraga bangsa-bangsa Asia yaitu Asian Games.

“Nanti 45 Negara Asia hadir di Palembang, di mana berbeda agama, etnis dan budaya. Saya himbau untuk kita terus jaga nama  baik Sumsel ini,” katanya.

Tidak hanya ke kediaman  Uskup Agung Palembang Mgr Aloysius Sudarso SCJ saja, Alex meneruskan perjalanan untuk menghadiri open house ke kediaman Dr. Anita, Asisten II Pemprov Sumsel Yohanes H Toruan, dan ke rumah Danlanud Palembang.

Selepas itu, rombongan Mayjen TNI AM Putranto dan Irjen Pol Drs Zulkarnain menyempatkan untuk menyambangi para pejabat serta anggota TNI/Polri yang merayakan Natal, diantaranya Kolonel Pnb Easter Hariyanto Danlanud Palembang di Kompleks Perumahan TNI AU Sri Mulyono Herlambang Talang Betutu serta Asintel Kasdam II/Swj Kolonel Inf Ramces Alboin, SPd di kompleks Sintraman Sekip Ujung.

Sebuah pemandangan yang mencerminkan toleransi antar umat beragama begitu terasa dan sekian lama nuansa ini telah tercipta di wilayah Sumsel yang Heterogen.

Tugas Polri dalam pengamanan perayaan Natal 2017 di wilayah Sumbagsel berjalan sukses dan seluruh satuan TNI jajaran Kodam II/Swj turut mendukungnya.

Sementara itu di tempat terpisah, satuan-satuan Tempur/Banpur yang ada terus disiagakan di satuan masing-masing yang setiap saat siap membantu unsur-unsur Polri di wilayah guna menghadapi Kontijensi. Korem beserta Kodim jajarannya di lima wilayah provinsi turut memperkuat pos-pos pengamanan di semua titik yang digelar oleh satuan Polri. Setiap saat para Komandan Satuan melaksanakan pengecekan dan apel kesiapsiagaan serta melaporkan kesiapannya kepada Pangdam II Sriwijaya.#osk

x

Jangan Lewatkan

Museum Sumatera Selatan Balaputra Dewa Dapat Hibah Dua Benda Bersejarah

Palembang, BP Museum Provinsi Sumatera Selatan Balaputra Dewa, Palembang mendapatkan hibah dua benda bersejarah yaitu Centong untuk acara adat dan ...