Home / Headline / Layanan BPN Palembang Memprihatinkan

Layanan BPN Palembang Memprihatinkan

foto// Layanan loket BPN Palembang dari pagi hingga siang banyak yang kosong, Senin (18/12)

Palembang, BP

Layanan publik negeri ini makin lama makin mengkhawatirkan. Demikian pantauan BeritaPagi di kantor Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Palembang.

Sejumlah pemohon yang sudah antre berjam-jam terpaksa harus pulang tanpa mendapat layanan, beberapa loket pun tampak kosong, masyarakat yang sudah antre pun dibiarkan begitu saja.

“Layanan publik ini makin lama makin memprihatinkan, bagimana antrean mau jalan kalau petugas layanannya saja banyak tidak ada. Saya tidak paham, aparatur ini digaji buat apa,” kata Sulis, pemohon yang antre lebih dari dua jam harus pulang tanpa mendapat layanan ini.

Bukan hanya Sulis, Adrian (34) dan beberapa orang pemohon lainnya juga mengalami kekecewaan, dirinya baru tau kalau petugas banyak yang tidak ada karena sedang ikut melakukan test honorer. Hal itupun diketahui karena ada wartawan yang mengkonfirmasi ke pejabat BPN Sumsel.

“Tutup saja kantor ini kalau petugas layanannya sibuk dengan kerjaan lain, Komisi Aparatur Sipil Negara harus tau ini, dan ini bukan kali pertama, saya dan kakak saya juga pernah mengalami ini sebelumnya, antrean loket tidak jalan, namun pengurusan berkas di dalam sibuk, ada apa ini?,” kata Adrian.

Parahnya lagi, tidak ada petugas di lokasi yang bisa dikonfirmasi wartawan terkait layanan ini. Kepala Kantor ATR/BPN Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Arif Pasha menyampaikan, jika kekosongan terjadi karena ada penerimaan Pegawai Tidak Tetap (PTT).

Akibatnya, beberapa pegawai harus ikut, termasuk diantaranya petugas pelayanan. “Memang ada beberapa petugas sedang ikut tes PTT, jadi harus meninggalkan pekerjaannya,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan Arif, kekosongan petugas terjadi di loket pelayanan, karena Kantor BPN kekurangan SDM. Dimana, PTT yang dilaksanakan hari ini, adalah langkah kantor BPN Palembang maupun Sumsel untuk menambah kekurangan tenaga kerja tersebut.

“Nanti kita akan perbaiki. Karena memang kita kekurangan pegawai, dan yang terjadi di pelayanan kantor ATR/BPN Palembang, tidak terpantau pejabatnya, yang dikarenakan semua pejabat sedang sama saya,” ulasnya. #ren

x

Jangan Lewatkan

HUT Golkar ke-56,  di Sumsel Digelar Kampanye Kebiasaan Baru 3M Hingga Rekor Muri

Palembang, BP Dewan Pimpinan Daerah (DPDl) Partai Golkar provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), akan menggelar rangkaian perayaan hari ulang tahun (HUT) ...