Home / Headline / Pulang Karena Rindu Keluarga, Buronan Pembunuh Ditangkap

Pulang Karena Rindu Keluarga, Buronan Pembunuh Ditangkap

Rusdianto, buronan kasus pembunuhan diamankan di Mapolsek Sukarame Palembang, Kamis (14/12). BP/Hafidz

Palembang, BP–Karena rindu dengan keluarga setelah 10 bulan kabur ke Jambi, Rusdianto (43), buronan kasus pembunuhan akhirnya pulang ke rumah.

Pelaku pembunuhan terhadap korban Andi alias Andi Tato (35) pada 9 Februari lalu itu dibekuk Unit Reskrim Polsek Sukarame Palembang dari rumahnya di Perum Griya Sukawinatan, Kelurahan Sukajaya.

Penangkapan dilakukan setelah petugas mengendus keberadaan pelaku yang selama ini masuk daftar pencarian orang. Namun karena berusaha melawan, tersangka terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas.

“Saya melawan karena saya takut dipenjara,” ujarnya saat gelar perkara, di Mapolsek Sukarame, Kamis (14/12).

Tersangka Rusdi yang berprofesi sebagai petugas keamanan di lingkungan tempat tinggalnya ini menuturkan, pertikaian dengan korban yang juga tinggal di kawasan itu berawal saat ia mendapat laporan dari warga bahwa korban membuat onar.

Saat itu warga komplek yang hendak melintas diadang oleh korban dengan membawa sebilah pisau. “Tidak tahu dia mabuk atau tidak, tapi mengadang warga. Makanya saya mendatangi dia, tapi sebelumnya saya ke pos jaga dulu mengambil parang,” katanya.

Setelah bertemu, keduanya sempat terlibat adu mulut dan membuat perkelahian tak terhindar kan. Tersangka sempat dua kali menebas tangan korban dengan parang, namun korban tidak sedikit pun terluka.

Kemudian tersangka menjatuhkan korban yang tengah di atas motor dan keduanya bergulat. Lalu tersangka berhasil merebut pisau korban dan selanjutnya ditusuk kan ke punggung korban.

Mendapat tusukan senjata tajam oleh pelaku menggunakan pisaunya sendiri, korban yang dikenal kebal tersebut terkapar bersimbah darah dan pelaku langsung melarikan diri.

“Anehnya, waktu saya tebas pakai parang tidak apa-apa, tapi pakai pisau punya dia sendiri malah tembus. Kabarnya dia memang punya ilmu kebal,” papar tersangka.

Kapolsek Sukarame Kompol Rivanda melalui Kanit Reskrim Iptu Marwan mengatakan, pihaknya menangkap tersangka pembunuhan setelah yang bersangkutan melarikan diri selama 10 bulan.

“Saat ini tersangka telah diamankan dan masih menjalani pemeriksaan serta atas perbuatannya tersangka akan dijerat Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara,” tandasnya. # idz

 

 

x

Jangan Lewatkan

Pemanfaatan Benda Cagar Budaya Bernilai Pertahanan  (Defense Heritage  Sebagai Media Bela Negara

Oleh: Gerald Theodorus L Toruan SH MH (Peneliti Ahli Muda , Balitbang Kemenhan RI    ** PROF  Dr. Susanto Zuhdi (Guru ...