Home / Headline / 12 Desember Hingga 25 Desember, KPU Palembang Lakukan Verfikasi Faktual Calon Perseorangan

12 Desember Hingga 25 Desember, KPU Palembang Lakukan Verfikasi Faktual Calon Perseorangan

BP/DUDY OSKANDAR
Anggota KPU kota Palembang, Abdul Karim Nasution

Palembang, BP

KPU kota Palembang segera melakukan verifikasi lapangan terkait dukungan KTP atas dua Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Walikota dan Wakil Walikota Palembang perseorangan, M Akbar Alfaro-Hernoe, dan Chairilsyah-Mualimin.
“Dokumen perkelurahan calon itu itu belum tersusun peralamat baru tersusun perkelurahan , untuk memudahkan verifikasi harus dikelompokkan perwilayah di kelurahan itu, peralamat atau perRT, kemarin sudah dijalankan sebagian besar sudah selesai namun masih ada yang melanjutkan hari ini untuk mengelompokkan itu sekaligus mereka menghitung berapa dokumen ril yang mereka terima itu, setelah didapatkan jumlahnya , pengelompokan baru ke lapangan ,” kata Anggota KPU kota Palembang, Abdul Karim Nasution, Rabu (13/12).
Dan tiap kelurahan menurutnya, ada minimal tiga group, dimana satu group ada 2 orang terdiri dari PPS dan Sekretariat PPS.
Untuk verifikasi di lapangan menurutnya, dukungan hasil verifikasi adminitrasi yang dilakukan KPU kota Palembang di bantu PPS dan PPK.
“Yang di verifikasi itu yang memenuhi syarat , kalau berdasarkan verifikasi adminitrasi tidak memenuhi syarat tidak perlu di verifikasi lagi secara faktual, yang memenuhi syarat apabila antara lain dokumen dukungan atau surat pernyataan dukungan datanya bersesuaian dengan KTP, kalau nama di KTP berbeda dengan yang di dokumen tidak memenuhi syarat, atau NIKnya beda tidak memenuhi syarat,” katanya.
Saat menyerahan dukungan KPU Palembang menurut Karim , Alfaro berupa daftar sedangkan Chairilsyah berupa satu-satu dukungan.
“ Verifikasi faktual kita lakukan tanggal 12 Desember hingga 25 Desember,” katanya.
Jika warga tidak memiliki salah satu calon, namun ada dalam daftar dukungan menurutnya yang bersangkutan harus membuat surat pernyataan tidak mendukung yang formulirnya di siapkan KPU.
“Jika warga tidak mendukung calon tersebut maka tidak memenuhi syarat dukungan dan berdampak pada total dukungan ,” katanya.
Untuk calon perseorangan lolos verifikasi faktual, maka pendaftaran calon bersamaan dengan pendaftaran calon kepala daerah dari partai politik sekitar tanggal 8 Januari 2018.
“ Penetapannya pasangan calon Februari 2018,” katanya.
Jika dukungan calon perseorangan tersebut tidak memenuhi syarat dukungan, maka diberikan kesempatan untuk memenuhinya dan kekurangan dukungan itu di kali 2 .
“ Yang dukungan dua kali lipat tadi di verifikasi lagi ,” katanya.#osk

x

Jangan Lewatkan

Warga Prabumulih Antusias Sambut Kedatangan Alex Noerdin

  Prabumulih, BP–Kedatangan mantan Gubernur Sumsel 2 periode 2008-2018 H Alex Noerdin di kota Prabumulih disambut antusias oleh seluruh warga ...