Home / Headline / Sejarah Sewet Pelembang

Sejarah Sewet Pelembang

Pakaian orang Palembang zaman dulu (ist/dudy oskandar)

Sewet adalah kain, yang biasa dipakai untuk menutup aurat, terutama bagian bawah badan kita. Sewet Pelembang hampir semua bahannya dari sutera dengan hiasan benang emas, terutama songket.

Menurut pengamat sejarah Palembang, Kms.H. Andi Syarifuddin mengatakan , jenis dan corak sewet khas Palembang cukup beragam dan kaya akan aneka motif atau desain, baik yang diproduksi melalui tenun, sulam, maupun membatik. Secara global dapat dikelompokkan sebagai berikut:
1. Batik.
Batik Palembang dikenal halus, kalem, warna manggis, dan lain-lain. Jenis batik Plembang antara lain:
– Jepri
– Lasem (gerebek, bakung, kerak mutung, dan lain-lain).
– Semagih (kain panjang)
– Jemputan (pelangi)
– Peradan.
2. Tajung :
– Blongsong ( + kemben, untuk wanita)
– Gebeng
– Rumpak (taburan benang emas), biasa dipakai sebagai sewet setengah tiang untuk pria.
3. Sewet Pelekat (kain sarung), biasa dipakai untuk sholat, dll.
4. Songket (sekitar 35 macam).
Sedangkan Songket zaman kesultanan bingen, hanya dipakai khusus oleh kaum perempuan, sebab berkaitan erat dengan wanita dan di dalamnya terkandung berbagai hal yang mencerminkan sifat kewanitaan (feminim).
Akan tetapi, dalam perkembangannya dewasa ini kaum pria juga menggunakan kain bahan busana dari songket, seperti: tanjak, kopiah, kencong, dll. Hal ini terserah selera mereka. Namun pada prinsifnya tidak ada pakaian pria dari bahan songket.
“Arti Songket berasal dari urat kata “disusun” dan “dicukit”, kemudian disingkat menjadi Songket. Bahan dasarnya dari kain sutera dan benang emas,” katanya, Sabtu (25/11).
Sedangkan tumpal, adalah bagian sewet yang sulamannya penuh. Pemakaian untuk pria tumpalnya di belakang. Sedang buat wanita tumpalnya di depan.
“Kencong, ialah pemakaian sewet setengah tiang/sebatas lutut untuk pria,” katanya.
Saat ini menurutnya perlu adanya pengaturan dan penataan busana adat Palembang sesuai dengan porsinya.#osk

x

Jangan Lewatkan

BPK , KPI Bersama PWI Sumsel Bersinergi Tingkatkan Kerja Sama

Palembang, BP Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Selatan dan  PWI Sumsel serta Komisi Informasi Publik (KIP) Sumsel bersinergi dan menjalin ...