Home / Palembang / Permohonan Pelayanan Capil di PS Mall Sepi

Permohonan Pelayanan Capil di PS Mall Sepi

Palembang, BP — Permohonan pelayanan baik itu perekaman e-KTP, akta kelahiran, akta pernikahan dan akta kematian di lantai tiga Palembang Square (PS) Mall hingga 24 November mendatang yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Disdukcapil tampak sepi.
Meski demikian, Dwi Sinta, salah seorang petugas Disdukcapil Kota Palembang mengatakan, permohonan akte kelahiran mendominasi diminta dalam pelayanan ini. Pelayanan yang sudah dibuka sejak Senin (13/11) ini, tercatat 20 pemohon membuat akte kelahiran, perekaman E-KTP sebanyak 4 orang.
“Pemohonnya memang belum banyak, sementara akte perkawinan dan akte kematian belum ada. Sebelumnya sudah ada diumumkan dibuka disini,” katanya, Kamis (16/11).
Bagi masyarakat Palembang yang ingin membuat akte kelahiran membawa kartu keluarga (nama bayi sudah dalam KK), KTP orang tua, buku nikah, akta nikah dan surat keterangan lahir. Bahkan persyaratan pembuatan akta kelahiran ini semakin dipermudah dengan tidak perlu lagi menyantumkan bukti lunas PBB. “Untuk proses pembuatan akte kelahiran cukup tiga hari,” katanya.
Akte kematian pun sebenarnya banyak pemohonnya. Hanya saja diakuinya jika di pelayanan yang dibukan hingga sore ini belum afa pemohonnya. Syaratnya membawa surat keterangan kematian dari lurah atau rumah sakit. Biasanya, akte kematian dibutuhkan untuk mengurus pensiun orang tua,  waris dan memberhentikan klaim iuran BPJS Kesehatan.
“Permohonan ini biasanya banyak ke kantor, tapi kita buka disini dimungkinkan ada yang ingin mengurus,” ujarnya.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Palembang melalui Kabid Pencatatan Sipil Disdukcapil, Siti Fauziah menjelaskan, dengan semakin dipermudahnya masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukannya, lanjut Fauziah, tentunya tidak ada alasan lagi masyarakat yang tidak melengkapi data kependudukan mereka.
Dengan demikian, lanjutnya, target pencapaian secara nasional pun akan semakin cepat tercapai. Sehingga kedepannya tidak ada lagi warga yang tidak memiliki akte kelahiran. “Target nasional untuk pembuatan akte kelahiran ini sudah kita capai dengan raihan 88,66 persen. Jadi yang belum memiliki akte kelahiran ini tinggal 11,33 persen lagi,” ujarnya. #pit
x

Jangan Lewatkan

Prihatin Masalah Kebersihan di Area Permukiman, Renny Astuti dan Akbar Alfaro Bagikan Alat Pengelolaan Sampah kepada Masyarakat

Palembang, BP–Masalah sampah dan kebersihan saat ini masih menjadi salah satu polemik serius dan mendasar di kota Palembang. Pasalnya, meski ...