Home / Bisnis / Bisnis Sawit Stabil

Bisnis Sawit Stabil

Sumarjono Saragih

Palembang, BP–Industri sawit tahun ini tercatat stabil meski sempat tertekan dan mampu bangkit lagi. Dibanding dua tahun sebelumnya, tahun ini dinilai pengusaha sudah mulai bergerak ke arah yang positif.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Sumatera Selatan Sumarjono Saragih mengatakan, bisnis kelapa sawit sudah mulai stabil. Harga petani sudah berada di level Rp1.800 per kg.

Diperkirakan stabilitas harga akan terjadi hingga pertengahan tahun depan. Sebab semester dua tahun depan akan terjadi panen raya yang cukup besar sehingga mempengaruhi suplai.

“Ekspor sawit ini bergantung pada suplai demand, saat panen raya sudah pasti sawit melimpah. Otomatis harga akan terkoreksi,” katanya, Rabu (15/11).

Sumarjono mengatakan, gejolak harga sawit tahun ini tidak seekstrim tahun sebelumnya yang pernah menyentuh 1.000 hingga 1.300 per kg. Namun demikian dalam bisnis ada yang suka dan ada yang tidak suka.

“Sawit ini salah satu sektor komoditi penyumbang terbesar devisa negara. Sumsel sendiri berkontribusi sekitar 10 persen secara nasional. Kondisi ini sudah pasti ada yang tidak suka,” kata Sumarjono.#ren

x

Jangan Lewatkan

Perjalanan Terjal Dompet Dhuafa Sumsel Distribusikan 200 Kurban

Palembang, BP–Dompet Dhuafa Sumatera Selatan berhasil memenuhi targetnya menghimpun 200 pekurban. Kurban dalam bentuk sapi dan kambing setara 200 domba ...