Perindo Konsisten Jaga Kesehatan Warga Sumsel

8

BP/IST
Suasana fogging atau pengasapan dilakukan tim Rescue Perindo di Jalan Kemang Manis, Lorong Kelapa Gading 1-4 Bukit Palembang, Minggu (5/11). Aksi sosial ini juga disertai dengan sosialisasi hidup sehat yang dipimpin langsung Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perindo Sumsel, Yuseva.

Palembang, BP

Partai Persatuan Indonesia (Perindo) melanjutkan konsistensi untuk menjaga kesehatan dan lingkungan masyarakat Sumatera Selatan dengan sosialisasi hidup sehat, menyediakan layanan ambulans dan pengasapan atau fogging cuma-cuma.

Layanan ambulans tersebut disediakan untuk warga Kabupaten Ogan Illir. Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Perindo Ogan Ilir, Haryata, mengatakan disiapkannya mobil ambulans gratis bagi masyarakat yang membutuhkan, diharapkan mampu meringankan beban terutama disaat keperluan mendesak dan darurat.

Bagi yang membutuhkan, lanjutnya, bisa menghubungi langsung dirinya atau bisa juga menghubungi kantor Sekretariat Perindo maupun pengurus Perindo lainnya. “Di mana pun masyarakat Ogan Ilir membutuhkan mobil ambulans tidak perlu lagi khawatir karena bisa disambungkan ke Perindo yang ada di Palembang,” katanya, Selasa (7/11).

Pada kesempatan terpisah, fogging atau pengasapan dilakukan tim Rescue Perindo di Jalan Kemang Manis, Lorong Kelapa Gading 1-4 Bukit Palembang, Minggu (5/11). Aksi sosial ini juga disertai dengan sosialisasi hidup sehat yang dipimpin langsung Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perindo Sumsel, Yuseva.

Baca:  Satgas TMMD Ke 104 Kodim 0418 Palembang Ikut Tahlilan Warga

Fogging kali ini menyasar 150 rumah. Menurut warga setempat, di kawasan tempat tinggal mereka banyak saluran air yang tidak mengalir dengan lancar sehinga menimbulkan genangan. Apalagi di musim penghujan ini. Untuk itu, warga mengajukan permohonan fogging kepada Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perindo yang kemudian diteruskan ke DPW Rescue Perindo.

Pengasapan tidak hanya dilakukan di dalam rumah, tim Rescue Perindo juga membidik pekarangan dan kebun warga. Sejumlah saluran air yang diduga menjadi sarang nyamuk juga tak luput dari pengasapan.

Baca:  Masyarakat Jangan Terpancing Isu

Menurut Yuseva, selain fogging gratis yang rutin dilakukan tim dari Rescue, masyarakat juga perlu mendapatkan edukasi yang tepat terkait berperilaku hidup bersih dan sehat. Sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit.

“Sekarang musim pancaroba perpindahan dari musim panas ke musim hujan. Disaat seperti ini perlu antisipasi atau pencegahan seperti wabah demam berdarah,” ujarnya.

Yuseva melanjutkan, perilaku hidup sehat sangat penting untuk melindungi keluarga dari berbagai penyakit terutama nyamuk. Hal penting yang harus diperhatikan yakni rutin menguras bak penampungan air, menutup tempat penampungan air dan tidak membiarkan benda-benda yang dapat menampung air hujan.

Pada kesempatan tersebut, Perindo juga membagikan bubuk abate yang lebih sering dikenal sebagai pembunuh larva nyamuk, terutama larva nyamuk demam berdarah. “Kami membagikan bubuk abate karena kami peduli. Kami cari akar permasalahannya dan kami berikan solusinya,” kata Yuseva.

Baca:  Satgas  TMMD Ke 104 Kodim 0418 , Terus Jaga Alat Berat di Lokasi TMMD

Ia pun berharap agar masyarakat bisa melaksanakan program 4M untuk mencegah nyamuk demam berdarah. 4M tersebut yakni menguras tempat penampungan air, mengubur barang-barang bekas, menutup tempat penampungan air, serta memantau lingkungan sekitar. “Kami sosialisasikan 4M agar masyarakat jauh dari penyakit demam berdarah,” jelasnya.

Fogging ini disambut antusias oleh warga dan anak-anak. Mereka mengaku sangat senang dan berterima kasih atas kehadiran Rescue DPW Perindo Sumsel. Mereka berharap kepedulian partai perindo ini terus dilakukan sehingga masyarakat merasakan manfaatnya.

“Kalau bisa rutin dilakukan fogging karena lagi musim pancaroba dari panas ke hujan,” ujar Budi, perwakilan warga. #osk