Home / Headline / Izin KUA Gagal, Cindra Nikahi Dua Wanita Secara Siri

Izin KUA Gagal, Cindra Nikahi Dua Wanita Secara Siri

Kesibukan persiapan nikah. Cindra (kaos biru) berpacar kuku. BP/ARIF AGUNG

Sekayu, BP–Sesi foto mempelai memegang buku nikah, kemungkinan besar tak terjadi pada pernikahan Cindra-Perawati-Indah Lestari. Namun, kumpulan para saksi, ketip dan handai taulan terdekat dalam acara ijab qobul pengantin ini dirasa lebih dari cukup dan tetap tidak bakal membatalkannya.

Seperti diketahui, orang tua Indah telah menarik izin nikah yang diajukannya ke Depag (KUA), Lais, seiring bakal tak dikabulakanya permohonan. Toh, Cindra (23) yang akan menikahi dua wanita sekaligus di Dusun IV, Desa Lumpatan II , Kecamatan Sekayu yakni Indah Lestari (19) dan Perawati (23) tetap melaksanakan pernikahan secara syariat agama atau nikah siri.

Kepastian pernikahan ini disampaikan langsung oleh Cindra ketika tengah mempersiapkan acara pernikahannya di rumahnya. Cindra tidak sedih. Ia tidak cidera oleh kenyataan ini. Bahkan lelaki yang nampak sibuk ketika membantu memasang tenda untuk resepsi pada tanggal 9 November nanti tak sungkan-sungkan menyapa.

Senyum bahagia mengembang dari wajah pria asal dari Desa Lumpatan ini. Telapak tangan dan jemarinya sudah terhiasi pacar yang menguning cerah menunjukkan hari bahagia sudah di depan mata. Para tetangga berduyun-duyun, membawa alat dapur untuk membantu keluarga Cindra memasak. Mereka nampak riuh rendah mempersiapkan acara resepsi pernikahan.

Perawati, calon pengantin, ikut sibuk membantu ibu-ibu sekitar rumah Cindra untuk memasak. Hanya saja Indah Lestari absen, sebab pulang ke rumah orang tuanya membesuk sang ibu yang sedang sakit.

“Alhamdulillah, sekarang ini lagi masang tenda sama masak-masak oleh ibu-ibu sekitar. Kalau disini adat istiadatnya sangat terjaga, jika ada orang yang sedang melansungkan sedekah mereka datang membantu setelah di umumkan sebelumnya,” kata Cindra.

Menjelang ijab qobul dan acara penikahan keluarganya telah syukuran terlebih dahulu. Dengan syukuran keluarga besarnya berharap acara berjalan dengan lancar tanpa ada masalah. Pembentukan panita juga sudah dilakukan. Totalnya berjumlah 200 orang panitia.

“Semalam disini yasinan jelang pernikahan agar acara lancar. Pakai pacar ini juga semalam. Indah dan Perawati juga sudah pakai pacar,” ujarnya.

Cindra tak tahu dan tak mau pusing soal pembatalan pernikahan oleh Kemenag. Cindra juga tidak mengetahui bahwa orang tua Indah mencabut berkas pernikahan di KUA Lais.

“Pernikahan tetap berjalan, kedua-duanya menikah dengan syariat agama besok Senin (5/10) menikah di rumah Indah. Lalu dengan Perawati pada Rabu (8/10) menikah disini, setelah selesai menikah tradisi majang-majang atau perkenalan dengan keluarga dan masyarakat,” tuturnya.

Sementara, Cik Dung orang tua Cindra menambahkan menjelang acara pernikahan anaknya panita sudah terbentuk dan saat ini tenda sudah mulai dipasang. “Mohon doa restu, semoga pernikahan anak saya ini berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan,” pintanya. #arf