Dinsos Sumsel Bantu Dua Unit Mobil Ambulance

4

Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) memberikan bantuan mobil ambulance untuk kelompok amal kematian atau rukun kematian kelurahan.

Palembang, BP — Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) memberikan bantuan mobil ambulance untuk kelompok amal kematian atau rukun kematian kelurahan.
Kepala Dinsos Sumsel , Belman Karmuda mengatakan, tahun ini memberikan bantuan untuk ambulance amal atau rukun kematian kelurahan.

“Ya, tadi kita memberikan dua unit ambulance amal atau rukun kematian yang ada di kelurahan,” katanya, Rabu (1/11).

Adapun tujuan pihaknya, memberikan bantuan ambulance kepada amal atau rukun kematian di kelurahan tersebut untuk meringankan masyarakat yang terkena musibah khususnya kematian.

Baca:  BPBD Sumsel Antisipasi Banjir dan Longsor

“Dua unit ambulance ini kita serahkan untuk dua kelurahan yang ada di kabupaten Musi Rawas (Mura) yaitu kelurahan Muara Kelingi dan Tugu Mulyo dan yang menerimanya juga langsung ketua amal atau kerukunan kematian didampingi kepala dinsos kabupaten yang beraangkutan,” katanya.

Menurutnya, pemberian bantuan ambulance kepada amal atau rukun kematian yang ada kelurahan ini sudah yang kedua kalinya pada tahun ini.

“Sebelumnya kita sudah memberikan bantuan 4 unit ambulance amal atau rukun kematian di kota prabumulih 1 unit dan kabupaten Pali 3 unit. Untuk penggunaan mobil ambulance ini masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya atau gratis, sedangkan untuk biaya operasionalnya kita serahkan ke pihak kabupaten/kota atau pihak kelurahan dan juga pihak amal atau kerukunan kematian yang ada di kelurahan,” katanya.

Baca:  Sumsel ‘Curi Start’ Berantas Pasung

Sedangkan, untuk dapat menerima bantuan ambulance tersebut pihak amal atau kerukunan kematian yang ada di kelurahan harus mengajukan usulan ke dinsos provinsi Sumsel.

“Mereka mengajukan usulan, kalau ada anggarannya maka akan kita penuhi tapi kalau tidak ada ya tidak bisa kami penuhi. Salah satu penilaian kita untuk mendapatkan bantuan ini yaitu kabupaten/kota yang jauh dan memang memerlukan mobil ambulance untuk kematian,” katanya.

Baca:  DPRD Sumsel Nilai Masih Banyak Dinsos di Sumsel Tak Up Date Status PBI

Belman menambahkan, pihaknya berharap pihak Dinsos kabupaten/kota dapat terinspirasi untuk melakukan seperti yang dilakukan Dinsos Provinsi Sumsel.

“Insya Allah pemberian bantuan ambulance ini akan kita teruskan untuk kabupaten/kota yang lainnya. Nah untuk tahun depan kemungkinan belum ada bantuan ambulance,” katanya. #osk