Ultimate magazine theme for WordPress.

Janjikan 2019 100 Persen Air Bersih

Palembang, BP — Masih cukup banyak masyarakat di perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang belum teraliri air bersih, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang memastikan 2019 mendatang 100 persen kawasan pinggiran tersebut keluar dari zona merah.

 

Ditegaskan demikian lantaran DPRD Kota Palembang Fraksi PKS Endar Himawan menegaskan, sebagai perusahaan plat merah, harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sementara saat ini belum banyak yang menerima air bersih terutama di kawasan perumahan MBR.

 

Direktur Utama PDAM Tirta Musi Palembang, Cik Mit mengatakan, masyarakat yang berada di zona merah atau kawasan pinggiran Palembang dan belum terjangkau PDAM ini berada dominan berada di kawasan perumahan baru dan jaringan PDAM belum sampai ke kawasan tersebut.

Baca Juga:  Juli, Drainase Masjid Agung Diperbaiki

 

Cik Mit mengatakan, solusi tersedianya air bersih hingga ke pelosok adalah 2018 PDAM akan membangun Water Tradement Plan (WTP) di Gandus dengan kapasitas 1100 liter perdetik. Sehinga dapat mengcover sebanyak 120 ribu pelanggan di wilayah Ilir.

 

“Jika dibangun tahun depan dalam pengerjaan satu tahun, tahun berjalan 2019 semua sudah teraliri air bersih PDAM,” katanya usai menghadiri sidang paripurna membahas pandangan umun fraksi-fraksi dalam penyampaian Raperda tahun 2018, di DPRD Kota Palembang, Selasa (31/10).

 

Menurutnya, pembangunan Intake jaringan instalasi baru ini, untuk menambah produksi air bersih dan memperluas pelayanan PDAM di kawasan Gandus tetutama wilayah pinggiran di hilir. Kawasan zona merah di hilir seperti Sematang Borang dan lainnya ini, diakuinya masih ada yang belum tersentuh.

Baca Juga:  72 Orang Penuhi Passing Grade Kemenkumham

 

Terlebih sekarang pembangunan WTP di 15 Ulu sedang berjalan dan akan menambah pelanggan di Seberang Ulu sekitar 40 ribu. WTP Ogan SU ini akan selesai Mei 2018. Demikian intake di Gandus pun akan mengatasi permasalahan air seperti di Sukarame, Talang Jambe, Sematang Borang juga Sako.

 

Sebelumnya, Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, 270 ribu pelanggan PDAM atau yang sekarang tercover sudah sekitar kurang lebih 80 persen. diakuinya bahwa, distribusi air bersih saat ini minus 300 liter perdetik. Adapun upaya untuk meningkatkan layanan distribusi di wilayah Ilir pihak PDAM Tirta Musi tengah mempersiapkan pembangunan intake Pulokerto, Gandus. Dibutuhkan dana sebesar Rp1,2 triliun.

Baca Juga:  Sandiaga Ajak Anak Muda di Palembang Ciptakan Lapangan Kerja

 

“Sesuai Peraturan Presiden Nomor 29 disebutkan bahwa biaya pembangunan itu bisa ditanggung bersama oleh Pemkot Palembang dan PDAM wilayah setempat. Tapi, di saat syarat itu sudah kita penuhi Perpres ditutup. Jadi kita masih menunggu aturan baru,” jelasnya.

 

Menurutnya, jika pembangunan intake sudah berhasil, diyakininya peningkatan kapasitas air baku bisa memenuhi kebutuhan air bersih di Palembang. “Tentu kita bisa merealisasikan pemenuhan 100 persen air bersih, 0 persen kumuh, dan 100 persen sanitasi,” tukasnya. #pit

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...