204 Pecatur Top Sumsel Bakal Head to Head

10

Sekretaris Umum Percasi Sumsel, Mursili Tjik Aman, S.Sos
Palembang, BP— Tiga pekan jelang multi event olahraga provinsi pada 18-26 November 2017 di Bumi Sriwijaya tampaknya tak hanya sekedar ajang pembinaan sebagaimana digaungkan KONI Sumsel sebagai otoritas penyelenggara.
Pasalnya, selain menjadi ajang prestasi semua kabupaten/kota di Sumsel perhelatan bergengsi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI 2017 kali ini juga menjadi ajang prestise.
Cabang olahraga catur misalnya, yang pada multievent dua tahunan kali ini akan diramaikan oleh 204 pecatur top Sumsel dari seluruh wilayah kabupaten/kota. Tampaknya, semua cabor tidak melulu Palembang mendominas  medali di perhelatan ini.
“Catur ini mulai merata, Muba sempat unggul di Porprov 2015 Lubuklinggau lalu. Kita tidak tahu bagaimana Porprov musim ini,” ujar Sekretaris Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sumsel, Mursili Tjik Aman, S. Sos, Selasa (31/10).
Artinya, lanjut Mursili bahwa Muba cukup menjadi lampu kuning bagi Palembang jika melihat rekam jejak prestasi di Porprov belakangan ini. Sehingga diprediksi Muba dan Palembang akan menjadi duel sengit saat turun tanding di meja catur.
“Tapi pada dasarnya kita semua adalah atlet Sumsel dan muaranya adalah orestasi Kejurnas atau PON. Sehingga ajang ini selain pembinaan juga jam terbang,”tegasnya
Oleh karena itu, pria yang juga Direktur Sekolah Olahraga Khusus Catur Negeri (SOKCN) Sumsel ini berharap pascaPorprov KONI Sumsel bisa menambah kuota Sriwijaya 2020 untuk para pecatur Sumsel yang nantinya akan disiapkan pada multievent paling bergengsi Tanah Air PON 2020 di Tanah Papua.
Pasalnya, Sriwijaya 2020 untuk cabor catur saat ini masih dihuni beberapa pecatur mulai dari Alivia, Nyimas Sonya, Nyimas Sieta, Siena Lorens, Alicia. Dan semua adalah peraih medali perak pada PON Jawa Barat tahun lalu.
“Artinya kita ingin kuota ditambah menjadi 12 putra dan 12 putri yang kira siapkan sebagai tim utama. Karena nanti mereka kita uji dengan Kejurnas dan event Internasional yang sifatnya open,”jelasnya.
Disinggung mengenai teknis persiapan di Porprov, Mursili menjelaskan bahwa pihak KONI Sumsel telah berkordinasi untuk memakai gedung SOKCN Sumsel sebagai venue pertandingan Porprov di cabor catur.
“Termasuk papan catur kita siapkan 110 unit termasuk timer nya yang merupakan perlaatan milik SOKCN,”pungkasnya. Osug
Baca:  Komitmen Juara Umum Porprov, Palembang Perkuat Kordinasi