Ketika Pelajar Kagum Dengan Pesawat Tempur Milik Negaranya Sendiri

10

Para siswa saat melihat pesawat tempur Hawak 100/200 yang baru mendarat usai melakukan aksi terbang di Lanud SMH Palembang, Sabtu (28/10). BP/IST

Palembang, BP — Pangkalan Udara Sri Mulyono Herlambang (SMH) Palembang, membuka kesempatan bagi masyarakat Palembang terutama para pelajar dan siswa yang ada di kota Palembang untuk melihat lebih dekat pesawat tempur Hawk berkaitan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda 2017, Sabtu (28/10).

Sejak pukul 07. 00 Lanud Sri Mulyono Herlambang sudah mulai dibuka bagi masyarakat dan pelajar yang ingin melihat lebih dekat pesawat tempur hawk 100/200 yang dikendarai kru Skuadron 12 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru dan Skuadron 1 Lanud Supadio Pontianak.

Masyarakat pun diberi kesempatan untuk menyaksikan persiapan terbang tim Skadron 12 yang berangkat untuk misi Pengamanan ALur Laut Kepulauan Indonesia (PAM ALKI). Tidak hanya itu selain berfoto dan mendekati pesawat Masyarakat pun disajikan manuver singkat pesawat tempur hawk.

Baca:  Mariyani Dan Nawiyah: Terima Kasih TNI

Kesempatan ini pun tidak dilewatkan oleh masyarakat sekitar, salah satunya Ita warga simpang Kades KM 12. Ia yang kebetulan mengantar anaknya yang duduk di taman kanak-kanak itu mengaku cukup antusias menyaksikan aksi pesawat tempur.

“Seru aksinya persis seperti yang di film hollywood,” katanya mengaku senang. Ia pun berharap kesempatan ini bisa dinikmati setiap tahun.

Skadron 12 dan Skadron 1 saat ini tengah melakukan beberapa misi di Lanud SMH Palembang diantaranya latihan rudal maverick dan PAM ALKI selama kurang lebih sepuluh hari.

Misi PAM ALKI yang dilakukan skuadron 12 Lanud Roesmin Nurjadin bertugas melaksanakan kegiatan patroli ALKI dari selat sunda dan sekitarnya hingga daerah utara seperti kepulauan Bangka Belitung.

Baca:  Masyarakat OKU Timur Ingin Figur TNI Yang Tegas, Disiplin Dan Berkualitas"

Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang Palembang, Kolonel Penerbang Easter Hariyanto menjelaskan, pihaknya siap memberikan suport dan dukungan penuh terhadap seluruh misi yang akan di lakukan TNI Angkatan Udara, termasuk latihan yang di lakukan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

“Dua pesawat naik sama landing flying pass di Istana Gubernur pas lagi upacara. Bikin ramai di langit Kota Palembang,” kata Kadis Ops Lanud SMH Palembang Letkol PAS Mores Bonte.
Komandan Skadron Udara 12 Pekanbaru Letkol Pnb Adhi Safarul Akbar mengatakan, untuk aksi Air Show ini melibatkan 4 pesawat tempur Hawk 100/200 yang diterbangkan. Sedangkan beberapa pesawat lainnya terparkir di apron Lanud SMH.

Baca:  116 Lulusan SMA Ikuti Sidang Parade Catar

“Kami melibatkan 4 pesawat. Sehubungan hari Sumpah Pemuda kita melakukan open day agar masyarakat melihat kegiatan TNI AU melaksanakan tugas negara. Kita mengundang masyarakat Palembang untuk melihat keseharian kita. Kami melintasi di Griya Agung menyampaikan salam. Kami juga fly pass,” kata Adhi.

Dikatakan Adhi, para penerbang ini usia rata-rata 24 sampai 34 tahun. Soal semangat Sumpah Pemuda bisa dilihat sendiri mereka segar ceria.

“Interaksi cukup baik. Sumpah pemuda momentum berikrar bersatu padu. ujung Aceh sampai Papua. Berikrar satu untuk negara NKRI,” katanya.
Menurutnya, pesawat yang dipergunakan ini adalah milik masyarakat jadi sudah sepatutnya masyarakat diberi kesempatan melihatnya lebih dekat. #osk