Ultimate magazine theme for WordPress.

Ketika Anak-Anak Memerankan Sosok Perjuangan Dr Ak Gani

BP/DUDY OSKANDAR
Suasana drama perjuangan pahlawan nasional asal Sumsel Dr AK Gani
dalam acara “ Market Day 2017” Panen Raya, Yuk Komsumsi Pangan Lokal di Sekolah Alam Indonesia , Bukit Siguntang Palembang, Kamis (19/10).

Palembang, BP
Mengenalkan anak-anak dengan sosok pahlawan di masa lalu yang selama ini berkorban demi Indonesia memang bukan hal yang mudah. Anak-anak saat ini sudah sangat dimanjakan dengan teknologi gadget yang canggih. Alhasil, orangtua tak banyak yang terdorong untuk mengenalkan anaknya dengan sejarah, apalagi sosok pahlawan nasional seperti Dr AK Gani.
Anak-anak sekarang lebih banyak mengenal sosok pahlawan saat ini seperti Superman, Batman, Wonder Woman dan sebagainya .
Tapi patut diacungi jempol, usaha Sekolah Alam Indonesia, Bukit Siguntang, Palembang dengan menggelar drama perjuangan pahlawan nasional asal Sumsel Dr AK Gani yang dijuluki oleh pers asing sebagai The Biggest Smuggler in Southeast Asia (Penyelundup Terbesar di Asia Tenggara).
Drama tersebut di gelar dalam acara “ Market Day 2017” Panen Raya, Yuk Komsumsi Pangan Lokal di Sekolah Alam Indonesia, Bukit Siguntang, Palembang, Kamis (19/10).
Turut hadir orangtua dan siswa Sekolah Alam Indonesia , Bukit Siguntang, Palembang, Priyanti Gani sebagai Direktur Museum Dr Ak Gani, Palembang.
Drama Dr Ak Gani tersebut di perankan secara apik dan lugu oleh anak-anak SD IV Sekolah Alam Indonesia Palembang.
Anak-anak tersebut menceritakan dalam bentuk drama kepahlawanan Dr Ak Gani yang sekarang menjadi nama Museum Dr Ak Gani di Palembang dengan gaya anak-anak.
Gayung bersambut, drama ini ternyata mendapat respons yang tinggi dari para guru dan orangtua.
Drama anak-anak ini sebelumnya diselingi dengan tarian, bernyayi , drama Islami tentang Nabi Nuh dan sebagainya juga dalam acara tersebut Nampak sejumlah stand yang menjualkan produk-produk lokal dimana penjual dan penjajanya juga anak-anak itu sendiri.
Drama pahlawan nasional Dr Ak Gani dimulai kisah kecil Dr Ak Gani lalu berlanjut hingga Dr Ak Gani bersekolah hingga mengalami masa-masa bersekolah diperguruan tinggi, berorganisasi hingga masa perjuangan lalu menjabat sejumlah jabatan penting di tingkat nasional dan lokal, hingga wafat di Palembang.
Dalam drama tersebut juga ditampilkan bagaimana anak-anak tersebut menggambarkan pertempuran yang dihadapi Dr Ak Gani di Palembang dan bagaimana gambaran sosok Dr AK Gani sangat cinta dengan kota Palembang dan Dr Ak Gani sempat disiksa oleh Jepang akibat aktivitasnya selama ini.
Kepala Sekolah Sekolah Alam, Bukit Siguntang Indonesia Palembang, Joko Siswanto mengatakan, kegiatan ini di gelar untuk anak SD dan TK yang mereka bina .

Baca Juga:  Pahlawan Nasional Asal Sumsel, Mayjen TNI (Purn) dr Ak Gani Raih Penghargaan Dari Muri
BP/DUDY OSKANDAR
Suasana drama perjuangan pahlawan nasional asal Sumsel Dr AK Gani
dalam acara “ Market Day 2017” Panen Raya, Yuk Komsumsi Pangan Lokal di Sekolah Alam Indonesia , Bukit Siguntang Palembang, Kamis (19/10).

“ Temannya beda-beda, tapi kalau kegiatan kali ini temanya pangan, rangkaian agenda selain berwira usaha , sama penampilan , kreasi anak-anak dan kegiatan ini digelar satu tahun satu kali , satu semester pada semester pertama,” katanya.
Dan orangtua siswa menurutnya sangat membantu kegiatan ini dan terbukti hari ini banyak orangtua yang hadir untuk memeriahkan acara tersebut.
“Kita ingin melatih anak-anak untuk berwirausahaan dimana anak-anak ini bisa mengenal penjual dan pembeli dan sebagainya,” katanya.
Sedangkan Priyanti Gani sebagai Direktur Museum Dr Ak Gani, Palembang mengapresiasi kegiatan tersebut.
Menurutnya Pahlawan Nasional Mayor Jendral Dr.Ak .Gani yang kebetulan memiliki Museum Dr Ak Gani yang koleksinya milik pribadi Alm Dr.Ak .Gani, dari ,meja tulis ,lemari buku ,gambar dan Surat Keputusan menduduki jabatan di era Soekarno.
Priyanti melanjutkan kalau , Dr Ak ,Gani adalah pahlawan ke II setelah Sultan Mahmud Badarudin II dari Sumatera Selatan yang diakui secara nasional.
“Dr Ak Gani itu berjuang melawan Belanda dan Jepang untuk merebut kemerdekaan,dan melawan penjajah dalam perjalanan keluar masuk hutan, beliau bergriliya,dari kota Bengkulu ,Curup dan Lebong Tandai sampai ke Lampung ,Jambi dan Palembang. Dr.Ak .Gani lahir pada tahun 1905,” katanya.
Priyanti mengajak anak-anak siswa Sekolah Alam Bukit Siguntang, Indonesia, Palembang ke Museum Dr Ak Gani dan meneladani apa yang telah dilakukan Dr Aki Gani selama ini dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
“Dr.Ak .Gani ,juga yang menyetop perang 5 hari 5 malam di Palembang,” katanya.
Menurut Priyanti , Ak Gani setelah perang ,tinggal di Jakarta dan diangkat sebagai Mentri Kemakmuran ,Perhubungan , Pertanian dan juga bintang film.#Dudy Oskandar

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...