Aldiron Optimis Pasar Cinde Kelar

12

Desain Pasar Cinde setelah dibangun kembali dengan sebutan Aldiron Plaza Cinde, Rabu (18/10).

Palembang, BP–Meski pembangunan Pasar Cinde yang nantinya akan berganti nama Aldiron Plaza Cinde tengah dihentikan sementara ini, pengembang properti PT Magna Beatum yang tergabung dalam Aldiron Hero Group tetap optimis jika pembangunan pasar yang terletak di Jalan Sudirman terus berjalan dan kelar.

Direktur Utama PT Magna Aldiron Hero Grup M Fajar Tarigan mengatakan, PT Magna Beatum tetap optimis pembangunan pasar modern yang nantinya akan memiliki 15 lantai tersebut akan terus berjalan. Untuk saat ini pihaknya masih menunggu kajian dari tim cagar budaya yang dibentuk oleh Surat Keputusan (SK) Walikota yang ditargetkan pada September sudah ada kesimpulan.

Baca:  Gubernur Alex Minta Pengembang Segera Bangun Pasar Cinde

“Kita tetap optimis sampai saat ini, karena kita tetap ingin berkontribusi untuk Sumsel dan menjadikan Sumsel jauh lebih baik. Intinya kita optimis, apalagi Pemkot Palembang dan Pemprov Sumsel juga sudah optimis,” ujar Fajar, Rabu (18/10).

Dikatakan dia, pada 8 Agustus lalu Pasar Cinde resmi ditutup oleh Pemkot Palembang, sementara pedagang direlokasi ke Tempat Penampungan Sementara (TPS). Dalam hal ini yang mempunyai hak untuk membongkar adalah Pemkot Palembang melalui PD Pasar Palembang Djaya dengan menunjuk PT yang akan membongkar bangunan tersebut.

“Jadi kami hanya menunggu bangunan tersebut dalam keadaan kosong,” jelas Fajar.

Baca:  Gubernur Alex Minta Pasar Cinde Rapi Saat Asian Games

Menurutnya, Aldiron juga pernah ditargetkan oleh Gubernur Sumatera Selatam H Alex Noerdin agar pasar tersebut selesai sebelum Asian Games. Namun karena rentetan permasalahan yang tengah terjadi, maka target tersebut otomatis berubah. Sehingga sebelum Asian Games tidak akan selesai.

“Namun, Pak Alex minta saat Asian Games 2018 berlangsung di Palembang nantinya sekitar pembangunan Cinde agar bersih dan rapi, ini pasti akan kita atur,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Magna Beatum Palembang Raimar menjelaskan, rencananya pembangunan Pasar Cinde yang merupakan pasar tradisional di tengah Kota Palembang yang akan disulap menjadi pasar modern yang megah memang mundur tak sesuai jadwal semula.

Baca:  Pasar Cinde ‘Grounbreaking’, Bagian Cendawan Ditinggalkan

“Aturan kita lakukan groundbreaking bulan lalu (September-red), tapi diundur. Mundurnya ini karena saat ini kita masih menunggu hasil kajian dari Tim Kajian dari Pemerintah Kota Palembang,” jelas dia.

Ditambahkan Raimar, tim tersebut yang membuat kajian revitalisasi mengenai pelestarian Pasar Cinde. Mereka juga yang memberikan kajian kemungkinan dapat direvitalisasi atau tidak.

“Namun, jika hasil kajian dari Tim Kajian nantinya tidak memungkinkan untuk dilakukan revitalisasi terhadap Pasar Cinde, tentunya kewenangan tersebut akan kembali kepada Pemkot Palembang,” pungkasnya.#rio