Indonesia Ditargetkan Masuk Final Kejuaraan Voli Pantai Asia Pasifik di Palembang

5

Sejumlah kontingen dari berbagai negara peserta mulai berdatangan menjelang technical meeting Voli Pantai Asia Pasific, Selasa (17/10).

Palembang, BP–Jelang single event Kejuaraan Voli Pantai Asia Pasifik yang mulai berlangsung pada Kamis (19/10) besok, sejumlah kontestan dari berbagai negara mulai menjajal venue voli pantai berstandar internasional yang terpusat di area Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

Setidaknya ada empat kontingen yang mulai menjajal venue sebelum kompetisi resmi dimulai 19-22 Oktober 2017.

Empat negara tersebut ialah Australia, Korea Selatan (Korsel), Jepang, dan Arab Saudi. Keempatnya mencoba lapangan eks SEA Games 2011 secara bergantian dengan diberi jatah waktu satu jam latihan.

Baca:  Satgas Kodim 0418 Palembang Ajak Warga Kampung Sungai Rengas maupun Kampung Pulokerto ¬†Berolahraga

Kepala Bidang Voli Pantai Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP-PBVSI) Slamet Mulyanto mengatakan, ada tujuh venue voli pantai yang disediakan untuk ajang ini.

“Meskipun belum permanen, venue yang ada sudah sangat baik dan layak dipakai untuk event internasional. Pasirnya saja kita ambil dari (Provinsi) Bangka. Ini sebagai bukti keseriusan kita sebagai tuan rumah,” ujar Slamet Mulyanto, Selasa (17/10).

Atlet Indonesia, putra dan putri, dijadwalkan menjajal lapangan pada Rabu (18/10) sekitar jam 08.00 WIB.

Disinggung mengenai target yang dicanangkan, Slamet mengatakan tak muluk muluk. Ia menargetkan Indonesia masuk final, mengingat ada beberapa atletnya yang pernah meraih medali perak di ajang sama.

Baca:  Askot PSSI Palembang Gelar Pelatihan Wasit Lisensi C3

“Indonesia akan menurunkan tiga pasang atlet, putra dan putri. Dalam kejuaraan ini, kita targetkan atlet Indonesia bisa masuk final. Dalam Asian Games sebelumnya, kita sudah sering mendapatkan perunggu. Materi atlet yang ada saat ini kita yakin bisa masuk final,” jelas Slamet.

Dikatakan dia, pada dasarnya test event voli Asia merupakan ajang persiapan menuju kejuaraan yang sesungguhnya, yakni Asian Games pada 2018.

“Setelah test event ini, akan banyak evaluasi yang dilakukan oleh setiap negara. Jadi kita ingin sukses dalam penyelenggaraan saat Asian Games nanti, tapi kita juga ingin sukses dalam prestasi,” tukasnya.

Baca:  Pameran Olahraga dari Masa ke Masa di Museum Balaputra Dewa

Berdasarkan entry by name, Indonesia akan menurunkan tiga pasang tim putra dan tiga pasang tim putri. Tim 1 Putra akan diperkuat pasangan Rachmawan Ade/Asyifah Mohammad. Kemudian Indonesia 2 dihuni duet Ramadhan Gilang/Pribadi Danangsyah. Lalu Indonesia 3 akan menurunkan Shihab Imtaq/Dewantoro Gunawan.

Sedangkan untuk kategori putri Indonesia 1 andalkan, Juliana Dhita/Utami Putu Dini. Indonesia 2 berkkuatan Ratnasari Desi/Eka Yakobed dan Indonesia 3 Rahawarin Martha/Sari Nur Atika.#sug