Ultimate magazine theme for WordPress.

Disbudpar Sumsel Tampil Beda Setiap Selasa

Pejabat struktural Disbudpar dengan pakaian adat Nusantara di hari Selasa.

Palembang, BP–Suasana berbeda terasa di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) satu ini. Setiap hari Selasa di setiap minggunya di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan berlaku ketentuan bagi pejabat struktural mengenakan pakaian adat lengkap dengan asesorisnya.

Hal ini seperti terlihat pada apel pagi, Selasa (17/10), di kantor yang terletak di Jalan Demang Daun, Palembang ini yang diikuti seluruh pegawai baik yang ada di Kantor Dinas maupun Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD).

Baca Juga:  Bangga Booth Kemenpar, Sumsel Optimis Usung Sport Tourism

Dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah dimaksudkan untuk lebih memperkenalkan dan melestarikan adat budaya Indonesia.

Seperti diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Irene Camelyn Sinaga, sebagai dinas yang menangani bidang budaya dan pariwisata maka pihaknya sengaja tampil beda di setiap hari Selasa dengan mengenakan pakaian adat Nusantara, walau diakuinya baru sebatas pejabat struktural di lingkungannya.

“Sebagai langkah awal memang baru sebatas Pejabat Struktural, tapi kedepannya nanti diharapkan kepada seluruh pegawai di lingkungan Disbudpar Sumsel akan melakukan hal yang positif dan berguna bagi tugas dan tanggungnya,” kata Irene.

Baca Juga:  KORPRI Jemput Momentum 'Merdeka' di HUT ke-71 Kemerdekaan RI

Selanjutnya masih menurut Irene, selain untuk melestarikan budaya bangsa, dengan mengenakan pakaian adat Nusantara ini  juga sebagai ajang promosi dalam rangka mensuksekan perhelatan olahraga negara negara Asia,  Asian Games 2018, yang akan digelar di Palembang dan Jakarta Agustus mendatang.

Ditambahkan, dengan menggunakan pakaian adat ini juga akan lebih memperkenalkan budaya Indonesia ke mancanegara, karena menurutnya wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia 70 persennya karena budaya.

Baca Juga:  Festival Crossborder Jayapura Digelar di Pasar Skouw

Sementara itu salah satu pegawai Disbudpar Sumsel, Hendry Setiawan, yang hari ini mengenakan teluk belanga dan tanjak mengatakan dirinya bangga mengenakan pakaian adat, karena dengan pakaian adat ini kita dapat menunjukkan jatidiri bangsa sesungguhnya.#usw

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...