Gubernur Alex Minta Pasar Cinde Rapi Saat Asian Games

10

Kondisi Pasar Cinde yang sedang dibongkar untuk renovasi.
Palembang, BP–Saat perhelatan Asian Games 2018 berlangsung di Kota Palembang, Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin menginginkan sekitar kondisi Pasar Cinde yang nantinya akan berganti nama Aldiron Plaza Cinde menjadi lebih rapi dan bersih.
Direktur Utama PT Magna Aldiron Hero Grup Aldiron M Fajar Tarigan mengatakan, memang sesuai keinginan orang nomor satu di Sumsel itu cukup merapikan sekitar pembangunan Pasar Cinde yang terletak di Sudirman saat Asian Games 2018 berlangsung.
“Permintaan Pak Alex saat Asian Games berlangsung, sekitar pembangunan agar bersih dan rapi, ini pasti akan kita atur,” ujar Fajar, Minggu (15/10).
Menurut dia, Aldiron juga pernah ditargetkan oleh Gubernur Sumsel agar pasar tersebut selesai sebelum Asian Games. Namun karena rentetan permasalahan yang tengah terjadi, maka target tersebut otomatis berubah.
“Pembangunan ini ditargetkan 24 bulan selesai. Dipastikan sebelum Asian Games tidak akan selesai,” ungkap Fajar.
Masih dikatakan Fajar, pada 8 Agustus lalu Pasar Cinde resmi ditutup oleh Pemerintah Kota Palembang, sementara pedagang direlokasi ke Tempat Penampungan Sementara (TPS). Dalam hal ini yang mempunyai hak untuk membongkar adalah Pemkot Palembang melalui PD Pasar Palembang Djaya dengan menunjuk PT yang akan membongkar bangunan tersebut.
“Sementara kami hanya menunggu bangunan tersebut dalam keadaan kosong,” jelas Fajar.
Saat ini, sambung Fajar, Aldiron masih menunggu kajian dari tim cagar budaya yang dibentuk oleh Surat Keputusan (SK) Walikota yang ditargetkan pada September sudah ada kesimpulan.
Ia juga menambahkan, namun untuk legalitasnya masih cukup panjang karena membutuhkan tandatangan dari 38 peserta yang masuk dalam tim cagar budaya, yakni dari Jogja, Surabaya, Jawa Timur, Makassar, Jakarta, Bandung dan Sumatera Selatan.
“Jadi ini (kajian-red) yang kita tunggu saat ini. Mungkin dua minggu lagi ini sudah selesai. Hasil rekomendasi tersebut akan disampaikan oleh ketua tim,” pungkas Fajar. #rio
Baca:  Gubernur Soroti Aturan Kendaraan di JSC