Ultimate magazine theme for WordPress.

Bantah Sungai Musi Tercemar

Palembang, BP — Sungai Musi yang menjadi satu-satunya sumber bahan baku air bersih di Palembang dinyatakan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang kondisi kadar airnya masih sehat.

Kepala DLHK Palembang, Faizal AR, membantah jika kadar kebersihan air Sungai Musi telah tercemar berat. Faizal mengatakan, dalam kurun waktu dua minggu terakhir, pihaknya telah melakukan pengecekan kadar air Sungai Musi dan hasilnya masih dalam ambang batas sehat.

Baca Juga:  Baznas Tetapkan Standar Zakat Fitrah dan Fidyah

“Mungkin pihak BLH Sumsel telah melakukan pengujian. Tapi memang harus benar-benar diteliti. Pemkot melakukan pengecekan terakhir dua pekan lalu dan hasilnya masih normal dan sehat,” jelasnya, Selasa (10/10).

Faizal mengatakan, dalam setahun pihaknya rutin melakukan pengecekan terhadap air Sungai Musi.  Bahkan, pihaknya juga telah melaksanakan pengecekan sample air kurang lebih dilakukan tiga kali dalam satu tahunnya. “Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, mengingat Sungai Musi ini merupakan sumber air bagi kita semua, Pemkot memastikan kadar airnya masih bagus,” tegasnya.

Baca Juga:  23 Mei 2022 Muscab Demokrat Palembang Digelar

Memurutnya, masyarakat Palembang agar tetap menjaga kebersihan, utamanya Sungai Musi guna menghindari peningkatan tingkat pencemaran sungai. “Itulah kenapa Walikota Palembang terus menggalakkan program gotong royong. Agar hal ini bisa dihindari, bahkan kita berharap nantinya sungai kebanggaan kita ini airnya bisa jernih sehingga akan berdampak baik pada generasi yang akan datang,” tukasnya.

Baca Juga:  DPRD Sumsel Sebut Vaksin Boster Perlu Ada Prioritas

Faizal menambahkan, pencemaran sungai kebanyakan disebabkan kebiasaan masyarakat yang buang sampah sembarangan yang langsung buang sampah di sungai. “Masih didominasi sampah dari masyarakat, kalau dari perusahaan itu ada tapi tidak banyak karena perusahaan itu biasanya sudah punya IPAL sehingga terkelola limbah cair dan padatnya,” jelasnya. #pit

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...