Ultimate magazine theme for WordPress.

Genjot Pembangunan Pusat Pengendalian

Walikota Palembang Harnojoyo setelah melakukan pembahasan Kerja Sama Smart City dengan pihak USA, Selasa (3/9).

Palembang, BP — Menyambut penawaran Smart City dari The Consulate of United States of America (USA), Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Palembang saat ini tengan mempersiapkan space khusus untuk Command Center atau pusat pengendalian.

 

Kepala Dinas Kominfo Kota Palembang Yanuarpan Yani mengatakan, pemerintah kota dalam dua tahun terakhir telah merencanakan pembangunan sistem Smart City yakni dengan membangun pusat pengendalian kota yang sangat modern atau Command Center.

Baca Juga:  LRT Di Sumsel Gunakan Tenaga Listrik

 

“Rencananya Command Center ini akan terintegrasi langsung diantaranya dengan pihak Kepolisian juga Dinas Perhubungan sehingga berbagai kejadian dapat direspon dengan cepat,” katanya usai melakukan pertemuan dengan pihak Amerika tersebut, Selasa (2/9).

 

Ia mengatakan, pertemuan lanjutan ini setelah sebelumnya diadakan pertemuan dengan The Consulate of USA pada September lalu. Progress Smart City ini saat ini sudah sampai pada tahap pembangunan ruang khusus untuk Command Center.

 

“Karena merupakan pusat pengendalian, maka tidak hanya berkaitan keamanan saja, tetapi juga nantinya masyarakat yang ingin mengakses ke rumah sakit, tidak perlu antre sebab sudah bisa terhubung dengan smartphone. Sehingga masyarakat juga bisa melihat ketersedian tempat tidur pasien di rumah sakit yang dituju,” jelasnya.

Baca Juga:  Ari Lasso Persembahkan 'Badai Pasti Berlalu' Bagi Sumsel

 

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, pemerintah Amerikan memberikannya bantuan Smart City tersebut dengan cara hibah. Dimana, untuk menyukseskan pelaksanaan Asian Games nanti, perlu dukungan sistem yang juga canggih. Pihaknya telah membahas kerja sama program Smart City dengan pihak USA beberapa waktu lalu.

“Sebagai kota besar berskala Internasional, sudah selayaknya Palembang memiliki Smart City yang canggih. Pihak USA itu saat ini sudah sampai tahap untuk pembuatan DED (Detail Engineering Design,” ujarnya.

Baca Juga:  Bripda Akbar Nugraha Tewas kecelakaan Lalu Lintas

“Palembang berharap memiliki satu pusat kontrol penanganan krisis yang lebih modern yakni menyuguhkan data yang akurat dan realtime untuk menunjang peran kota tersebut sebagai tuan rumah Asian Games 2018,” tegasnya. #pit

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...