Ultimate magazine theme for WordPress.

Tingkatkan Akreditasi, Mulia Darma Pratama Miliki CPA

TEST: Para peserta Associate Professional Audiotor of Indonesia (ACPAI) saat mengikuti serangkaian tes ujian kelulusan yang digelar oleh STIE Mulia Darma Pratama bekerjasama dengan Institut Akuntan Republik Indonesia, Minggu (24/9). (Foto: BP/SUGIARTO)
Palembang, BP — Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mulia Darma Pratama terus melakukan akselerasi terobosan untuk membidik akreditasi terbaik dalam meningkatkan kualitas para akuntan publik profesional di era Masyarakat Ekonomi ASEAN.
Berangkat dari hal tersebut, kampus ini telah memiliki Certified Public Account (CPA) Test Center yang bekerjasama dengan Institut Akuntan Republik Indonesia. Bahkan, CPA Test Center di STIE Mulia Darma Pratama ini merupakan satu-satunya dimiliki oleh perguruan Tinggi di seluruh wilayah Sumsel baik PTN maupun PTS.
Benar saja, saat dibuka tes CPA tahap Associate Professional Audiotor of Indonesia (ACPAI), pendaftar peserta begitu antusias mulai dari tingkat mahasiswa akuntan publik maupun sarjana akuntan publik.
“Ini adalah tes ACPAI yang perdana dan Alhamdulillah antusias dengan dibagi pada Sabtu dan Minggu. Mereka antusias karena mereka tak perlu lagi ke tes ke Jakarta karena ini satu-satunya di Sumsel,” ujar Rektor STIE Mulia Darma Prata, Drs Muhamad Helmi MS, disela-sela memantau ujian tes ACPAI di kampusnya, Minggu (24/9).
Helmi menambahkan keberadaan CPA Canter di kampus yang berada di kawasan Plaju Palembang ini diharapkan mampu menjawab permasalahan sertifikat profesional para akuntan publik di Sumsel dan sekitarnya untuk mengikuti ujian.
Baik itu dilevel pertama yakni Associate Professional Audiotor of Indonesia (ACPAI), atau level kedua Certified Professional Accountant of Indonesia (CPAI) maupun dilevel ketiga yakni Certified Publik Accoubtant of Indonesia (CPA).
“Tentu ini menjadi barometer para akuntan publik karena syarat bagi seorang sarjana akuntan publik yang diakui secara internasional dan juga sebagai syarat akuntan publik akan membuka kantor akuntan publik,”tegasnya.
Sementara itu Kordinator CPA Canter STIE Mulia Darma Pratama Palembang Wandestarido, SE, MSi. Ak, CA, BKP mengatakan bahwa pada tes uji ACPAI perdana ini diikuti 8 peserta di hari Sabtu dan 11 peserta dihari Minggu dari mulai mahasiswa hingga dosen.
Menurutnya, uji kompetensi kelulusan bukan kemudian langsung lolos tapi jika tak berkompeten boleh jadi akan gagal baik di level ACPAI, CPAI maupun CPA.
“Artinya masing-masing level ada great minimal. Jika ditahap awal ACPAI harus mendapat nilai minimal 60. Sementara untuk CPAI dan CPA minimal standar nilai tidak kurang dari 75,”pungkasnya. #sug
Baca Juga:  Yayasan Bina Darma Berbenah dan Rapikan Aset, Sukseskan Visi Misi Almarhum Prof Buchori
Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...