Home / Pendidikan / Kembangkan Bakat, SMKN II Miliki 18 Ekskul

Kembangkan Bakat, SMKN II Miliki 18 Ekskul

Debby Amalye Novianty siswa SMK Negeri II Palembang saat meraih medali perak pada kejuaraan O2SN di Medan. Foto:IST

Palembang, BP–Pentingnya kegiatan ekstra kurikuler sekolah dalam penyaluran bakat dan potensi siswa menjadikan SMK Negeri II Palembang membuka 18 ekstra kurikuler di sekolahnya. Mulai dari karate, voli, basket, rohis, drum band, silat, teater dan lain sebagainya.
Kepala SMK Negeri II Unggul Palembang Drs Zulkarnain MT menyatakan siswa jangan hanya diberikan pemahaman tentang keilmuan yang bersifat Intelegent Question (IQ) saja. Tapi juga Emotional Question (EQ) dan Spiritual Question (SQ).
“Sehingga antara IQ, EQ dan SQ bisa berimbang. EQ dengan kreativitas ekskul dan SQ melalui kegiatan keagamaan mulai dari kegiatan rohis atau pun kegiatan sekolah yang memberikan asupan tentang keagamaan,” ujar Drs Zulkarnain MT, Minggu (17/9).
Sambung Zulkarnain, hal ini sangat penting bagi mereka yang nantinya langsung bekerja atau pun juga yang melanjutkan jenjang perkuliahan. Sehingga memiliki prestasi olahraha atau pun kreativitas ekstra kurikuler menjadi nilai plus tersendiri dari seorang lulusan.
“Misalnya siswa kita kemarin Debby Amelya Novianty yang meraih medali perunggu di O2SN Medan. Nah, ini harapannya bisa jadi inspirasi bagi teman-temannya,” terangnya.
Menurutnya, Debby adalah salah satu siswa yang beprestasi dalam bakat karatenya secara nasional. Begitupun juga dari ekstrakurikuller lain seperti drum band, silat, rohia dan lainnya.
Sementara itu, Debby Amelya Novianty mengatakan pencapaiannya mampu naik podium di multievent nasional pada O2SN 2017 menjadi kebanggan tersendiri. Pasalnya, jerih payah latihannya membuahkan hasil yang maksimal.
“Senang karena bisa membanggakan orangtua, sekolah dan provinsi. Mudah-mudahan nanti bisa lebih meningkatkan lagi prestasinya,” terangnya.
Perjuangan Debby menuruntnya, untuk naik podium bukan tanpa kerja keras. Pasalnya, untuk menjadi wakil Sumsel di kelasnya ia harus menjadi pemenang pertama di O2SN Palembang. “Dan setelah itu tanding di O2SN provinsi baru tingkat nasional,” pungkasnya. #sug