Home / Headline / Persaingan Ketat Di Pilkada Palembang

Persaingan Ketat Di Pilkada Palembang

Djayadi Hanan

Palembang, BP
Direktur Eksekutif SMRC (Saiful Mujani Research & Consulting) Djayadi Hanan PhD mengatakan persaingan ketat akan terjadi pada Pilkada Palembang yang akan berlangsung tahun depan, antara incumbent Harnojoyo dan Sarimuda, berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada bulan Agustus lalu.
“Kedua kandidat akan bersaing secara ketat dan sengit pada Pilkada nanti, ini adalah peta politik pilkada Palembang nanti,” kata peneliti SMRC, Djayadi Hanan PhD, kepada wartawan , Minggu (10/9).
Dikatakan Hanan, survei dilakukan pada 24 – 31 Agustus lalu, dengan jumlah responden 450 orang, yang dilakukan diseluruh Kecamatan yang ada di Palembang, masing-masing responden di kelurahan sebanyak 5 orang.
“Margin of error 4,7 persen, laki-laki dan perempuan masing-masing 50 persen, sebagian besar wilayah perkotaan 98 persen,” katanya.
Menurut Hanan, bahwa sudah hampir 72 persen pemilih palembang sudah tahu pilkada Palembang akan digelar tahun depan, ada sekitar 28 persen tidak tahu, masyarakat tahu aka ada pilkada sosialiasi yang dilakukan oleh KPU, para calon dan media massa.
“Publik menginginkan pemimpin yang bersih 46 persen, pemimpin perhatian 38 persen baik itu pendidikan, kesehatan dan yang paling penting yang dibutuhkan masyarkat sehari-hari dan lainnya, taat beragama 6 persen, tegas 6 persen, berwibawa 3 persen, pinter hanya 1 persen saja, masyarakat tidak butuh pemimpin pintar tapi lebih kepada bersih dari korupsi dan perhatian,” katanya.
Berdasarkan survei yang dilakukan, elektablitas Harnojoyo unggul dibandingkan dengan penantang, Harnojoyo ada di angka 29,1 persen. Kemudian disusul Sarimuda 19, 1 Persen, selanjutnya ada nama Fitrianti Agustinda diangka 1,3 persen.
”Calon lain belum begitu kompetitif dibandingkan dengan dua kandiat incumbent dan Sarimuda, dengan kepada Harnojoyo sangat solid,” katanya.
Dari sisi popularitas Harnojoyo tetap unggul, karena begitu banyak masyarakat yang sudah mengetahui sosok Harnojoyo.
Harno ada pada posisi 92 persen, kemudian disusul Sarimuda ada pada angka 87 persen, Fitrianti ada pada posisi ketiga dengan angka 70 persen, disusul Hj Lury Elza Alex 53 persen, H Mularis Djahri 44 persen dan pada posisi lima ada tokoh masyarakat Solihin Hasibuan 20 persen.#osk