Tiga Pasar Tradisional di Palembang Direvitalisasi

10

Dirut PD Pasar Palembang Jaya, Asnawi P Ratu

Palembang, BP

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang saat ini tengah melakukan revitalisasi tiga pasar tradisional di kota Palembang.
Dirut PD Pasar Palembang Jaya, Asnawi P Ratu mengatakan tiga pasar tersebut adalah Pasar 10 Ulu, Pasar 26 Ilir (Soak Bato) dan Pasar Kamboja.
“Yang sedang berjalan Pasar Kamboja,” katanya ditemui di kantor PD Pasar Palembang, Selasa (5/9).
Khusus untuk Pasar 26 Ilir yang memiliki dua lantai, akan diubah di lantai atas untuk pakaian dan sisanya di lantai bawah.
Sedangkan soal Pasar Sako yang ada salah satu ruko di tutup polisi, karena ada perkara menurutnya masalah pribadi,” Pasar itu pasar swasta,” katanya.
Menurutnya, jumlah pasar di kota Palembang yang dikelolanya ada 19 buah mulai Pasar 16, Pasar Kuto sampai Pasar Km5, Pasar Lemabang da nada 22 pasar yang di kelola pihak swasta.
“Pembangunan pasar untuk renovasinya dari Dinas Perdagangan dananya dari pusat , setelah dilaksanakan selesai diserahkan ke kita untuk dioperasionalkan, “ katanya.
Namun, ada kurang pas renovasi pasar yang dilakukan pihak Dinas Perdagangan , dia mencontohkan Pasar 26 Ilir , yang pembangunannya tidak pas karena dibangun bertingkat sehingga pedagang tidak mau berjualan di atas .
“Sedangkan yang kepasar tidak ada umur 38 tahun rata-rata ibu-ibu keatas, sakit dengkul dan mau turun naik tangga,” katanya.
Pihaknya, meminta agar PD Pasar diberikan kewenangan mengatur renovasi pasar termasuk merencanakan renovasi pasar.
“Pasar 26 Ilir ini diatas kosong , karena ini sudah di bangun kita upayakan dibawah , kita buat samping 40 petak pasang awning supaya akor dibawah semua, “ katanya.#osk

Baca:  Paceklik, Pasar Saka Selabung Sepi Pengunjung