Ultimate magazine theme for WordPress.

Ormas di Sumsel Membludak, Terdaftar 786

ilustrasi
Palembang, BP–Di Sumatera Selatan organisasi masyarakat (ormas) membludak. Kini, sebanyak 786 ormas telah terdaftar. Ratusan Ormas yang terdaftar tersebut berdasarkan data dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumsel.
“Rata-rata ormas yang terdaftar didominasi ormas yang bergerak di bidang sosial, korupsi dan lainnya,” ujar Kabid Ketahanan Ekonomi, Seni Budaya, Agama dan Kemasyarakatan Kesbangpol Provinsi Sumsel Romli, Senin (4/9).
Masih dikatakan dia, pembentukan ormas ini dahulunya sangat mudah. Sebab hanya cukup dengan pengurus sedikitnya tiga orang mampu membentuk ormas. Namun, di 2017 ini pembentukan ormas lebih diperketat. Karena yang mengeluarkan izin, yakni Kementerian langsung. Sedangkan, Kesbangpol Sumsel hanya sebatas memfasilitasi saja.
“Misal kami mengajukan, kemudian Kementerian setuju lalu kami mengirimkan surat ke Kementerian baru nantinya keputusan dari Kementerian,” ungkap Romli.
Dikatakan dirinya juga, hampir setiap tahun selalu terjadi penambahan ormas, sekitar sepuluh sampai 15 Ormas. Sedangkan untuk pencabutan izin tidak ada, karena itu ormas di Sumsel membludak.
Ia juga melanjutkan, izin ormas tersebut berlaku selama lima tahun. Jika ormas itu tidak memperpanjang maka dengan sendirinya ormas tersebut tidak lagi terdaftar.
“Hanya ada satu yang dicabut, yakni Gafatar setelah itu tidak ada lagi yang ditutup,” pungkasnya. #rio
Baca Juga:  Truk Kontainer Terguling, Dua Warga Dilarikan Ke Rumah Sakit
Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...