Alumni Akper Kesdam II Sriwijaya Dituntut Bersaing Dengan Tenaga Kesehatan Lain

19

BP/DUDY OSKANDAR
Sebanyak 122 mahasiswa Akademi Keperawatan (Akper) Kesehatan Kodam (Kesdam) II Sriwijaya berhasil menyelesaikan pendidikan studi Ahli Madya Keperawatan. Berakhirnya masa studi ini ditandai dengan Upacara Penutupan Pendidikan Akper Kesdam II/Sriwijaya di halaman Makesdam II Sriwijaya, Selasa (5/9).

Palembang, BP

Sebanyak 122 mahasiswa Akademi Keperawatan (Akper) Kesehatan Kodam (Kesdam) II Sriwijaya berhasil menyelesaikan pendidikan studi Ahli Madya Keperawatan. Berakhirnya masa studi ini ditandai dengan Upacara Penutupan Pendidikan Akper Kesdam II/Sriwijaya di halaman Makesdam II Sriwijaya, Selasa (5/9).
Kepala Kesdam II Sriwijaya Kolonel CKM dr Moch Kukuh Amin Santoso, MARS saat membacakan amanat Pangdam II Srwijaya Mayjen TNI AM Putranto, berpesan agar alumni Kesdam II Sriwijaya agar menjiwai dan menghayati dengan penuh kearifan dan kedewasaan.
Dengan begitu, gelar Ahli Madya Keperawatan bisa melekat tanggung jawab moral dan sosial yang tinggi untuk mengamalkannya.
“Selain itu, kalian juga dituntut untuk bersaing dengan tenaga kesehatan lainnya di era pasar bebas,” jelasnya didampingi Direktur Akper Kesdam II Sriwijaya Letkol Salman Hidayat, SKM, MARS.
Tak hanya itu, dia juga berpesan kepada alumni yang akan berkarir sebagai seorang paramedis dituntut adanya kerjasama, kesabaran, kecermatan, kreativitas dan tanggung jawab yang tinggi.
“Saya percaya semua ini bisa diwujudkan karena bekal untuk menjalani profesi tenaga kesehatan telah didapatkan di Lembaga Akper Kesdam II Sriwijaya,” terangya.
Oleh sebab itulah, tenaga keperawatan ini harus menanamkan komitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik seperti membudayakan sikap tulus, ikhlas, ramah, murah senyum dan beretika dalam setiap pelayanan.
“Jaga nama baik dan kehormatan almamater Kesdam II Sriwijaya dimanapun bertugas dan berada serta hindari perbuatan yang dapat merusak dan merugikan diri sendiri, keluarga maupun citra Akper Kesdam II Sriwijaya. Khusus lulusan organik agar segera menyesuaikan dengan tugas kedinasan di kesatuan asalnya,” katanya.
Kepala Kesdam II Sriwijaya Kolonel CKM dr Moch Kukuh Amin Santoso, MARS didampingi Direktur Akper Kesdam II Sriwijaya Letnan Kol Salman Hidayat Skm Mars mengatakan, sudah lima tahun lebih setiap ada pendidikan Akper Kesdam II Sriwijaya dilaksanakan suatu pelatihan.
Karena Kesdam II Sriwijaya bekerjasama dengan Lembaga Ambulans Gawat Darurat (AGB) 188 di Jakarta untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa Akper. Setelah dinyatakan lulus, mereka mendapatkan sertifikat dari kemenkes. Sertifikat ini berguna untuk bekerja di rumah sakit.
“Sehingga setelah lulus dari Akper ini mahasiswa ini sudah punya bekal ilmu dalam hal pertolongan kesehatan dan bisa langsung kerja. Setelah dia lulus, dia diberikan tambahan ilmu , begitu dia berkerja dia bisa masuk , pelatihan lima hari teori dan praktek, selama selesai pelatihan tidak semuanya lulus,” katanya.
Acara diwarnai dengan atraksi tarian dan berpoto bersama antara mahasiswa Akper dan jajaran Kesdam II Sriwijaya serta juga nampak orang tua dan wali dari mahasiswa Akper tersebut.#osk

Baca:  Alumni Perguruan Tinggi Se-SumateraSelatan Dukung Prabowo-Sandi