Ultimate magazine theme for WordPress.

SMKN II Bidik Prestasi Eco ASEAN

BP/SUGIARTO
ECO ASEAN: Kepala SMK Negeri II Palembang Drs Zulkarnain MT saat menunjukkan piala Adiwiyata dan tata ruang berbasis Eco ASEAN di sekolahnya
Palembang, BP
Sebagai salah satu sekolah berbasis Internasional, SMK Negeri II Palembang terus melakukan akselerasi menuju prestasi Eco ASEAN sebagai predikat tertinggi Adiwiyata level Asia Tenggara.
Pasalnya, SMK yang terkenal dengan tekniknya tiga tahun kedepan akan membidik sudah meraih predikat Eco ASEAN dengan segala bentuk sarana dan prasarana penunjang.
“Ya, Adiwiyata Nasional kita sudah peroleh beberapa waktu lalu. Tinggal persiapan kita adalah Eco ASEAN sebagai predikat Asia Tenggara,”ujar Kepala SMK Negeri II Drs Zulkarnain MT, Kamis (31/8).
Dirinya mengakui untuk menduduki predikat tersebut memang bukan perkara gampang. Apalagi, selain sarana dan prasarana, lulusan juga menjadi barometer penilaian. Sehingga semua unsur akan dinilai termasuk juga tata ruang. Pasalnya, Eco ASEAN bukan kemudian perkara cepat karena minimal lima tahun setelah meraih Adiwiyata Nasional.
“Kita dua tahun lalu meraih Adiwiyata Nasional, artinya minimal tiga tahun lagi untuk menuju itu (Eco ASEAN-red). Dan juga persiapannya kan bukan mudah,”terangnya.
Meskipun tiga tahun lagi, SMK Negeri II sambung Zulkarnain telah mendesai tata ruang yang berbasis Internasional. Sebut saja tata ruang lobi, ruang guru, ruang kelas dan lain sebagainya.
Berdasarkan pantauan, tata ruang lobi kepala sekolah pun tak luput dari n berbasis Internasional. Mulai dari adanya buku-buku world, pemanfaatan barang bekas dan lain sebagainya.
“Termasuk budaya tegur sapa antara murid dan guru saat ini diberikan pembinaan bahasa inggris aktif. Dan juga smilling day diawal masuk,”terangnya.
Disisi lain, untuk persoalan SDM dan lulusan juga tak luput dari persoalan yang urgent sebagai barometer penilaian. Oleh karena itu, SMK Negeri II dibantu Disdik Sumsel terus melakukan kerjasama Perguruan Tinggi Internasional untuk meraih beasiswa maupun langsung bekerja sembari kuliah.
“Buktinya kemarin kita dibantu Pemerintah Provinsi Sumsel Pak Gubernur Alex Noerdin untuk MoU dengan salah satu Perguruatan Tinggi di China,”terangnya.
Saat ini sendiri, pihaknya tengah melakukan persiapan dan penjajakan untuk melakukan nota kesepemahaman dengan Korea dan Inggris untuk menuju predikat Eco ASEAN. #sug
Baca Juga:  SMAN 6 Palembang Akan Vaksin 320 Pelajar
Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...