Idul Adha, Tiket KA Ekonomi Ludes

67

ilustrasi

Palembang, BP–Bertepatan dengan libur akhir dan Idul Adha 1438 H, tiket PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Persero Divre III Palembang, khususnya kelas ekonomi jurusan Kertapati- Tanjungkarang dan Palembang-Lubuklinggau (Serelo) ludes terjual sejak H-3.

Manager Humas PT KAI Divre III Sumsel Aida Suryanti mengatakan, tidak ada gerbong tambahan untuk tahun ini. “Untuk H-3 hingga H+2 tiket kelas ekonomi sudah habis terjual, sedangkan untuk kelas bisnis dan eksekutif masih tersedia,” kata dia, Selasa (29/8).

Baca:  22 - 30 Desember Puncak Arus KA

Pada puncak keberangkatan, kata Aida, diperkirakan terjadi H-2 dan H-1. Sementara mengenai harga tiket kelas eksekutif dan bisnis tetap mengacu pada tarif batas bawah dan tarif batas atas. Untuk rute Kertapati-Tanjungkarang kelas eksekutif, tarif batas bawah dan atasnya Rp160 ribu-Rp190 ribu, untuk kelas bisnis tarif batas bawah dan atasnya Rp135 ribu – Rp150 ribu,” katanya.

Kemudian untuk relasi Kertapati-Lubuklinggau kelas eksekutif, tarif batas bawah dan atasnya Rp140 ribu – Rp170 ribu. Untuk kelas bisnis dimulai Rp100 ribu-Rp130 ribu. “Sementara untuk kereta ekonomi Kertapati – Tanjungkarang dan Kertapati-Lubuklinggau tarifnya sama yaitu Rp32 ribu,” katanya.

Baca:  Penumpang Kereta Api Meningkat

Aida melanjutkan, penumpang yang telah memiliki kode booking dari transaksi pemesanan tiket yang sesuai dengan identitas penumpang yang berangkat, dapat melakukan Check In Mandiri (CIM) pada mesin CIM di stasiun-stasiun yang telah menyediakan mesin CIM, dan akan mendapat boarding pass.

KAI juga mengimbau kepada penumpang untuk tidak memakai perhiasan yang mencolok dan barang bawaan yang berlebihan. Sesuai aturan bawaan masing-masing penumpang dibatasi maksimal 20 kilogram. “Kelebihan bagasi bagi penumpang akan dikenakan biaya tambahan. Untuk kelas eksekutif Rp10.000, bisnis Rp6.000, dan ekonomi Rp2.000 per kilonya. Hal ini dilakukan demi kenyamanan penumpang,” katanya.#ren