Rata-rata Kantor Panwas di Sumsel Masih Sewa

56

pimpinan Bawaslu Sumsel Kurniawan

Palembang, BP–Pimpinan Bawaslu Sumsel Kurniawan mengatakan, setelah dilantik maka 17 Panwas kabupaten dan kota di Sumsel akan menentukan ketua Panwas dan dilanjutkan pembentukan kelembagaan seperti pembentukan sekretariat, koordinasi dengan pemerintah daerah terkait fasilitas kantor dan lainnya.
“ Yang jelas langkah awal koordinasi-koordinasi dulu dengan pemda dan stekholder,” katanya, Senin (28/8).
Untuk kantor Panwas di Sumsel menurutnya, kantornya ada meminjam dengan pemerintah daerah atau sewa.
“Sebelumnya rata-rata sewa kantor panwas , karena beberapa daerah di Sumsel yang aset kantor itu belum ada, seperti kota Palembang lebih cenderung ke sewa, karena kantor tersedia belum ada, mayoritas masih sewa,” katanya.
Untuk tugas Panwas ini menurutnya,  belum jelas akan masa jabatannya lima tahu atau tidak , karena masih menunggu tehnis Bawaslu RI ,” Kalau di Undang-undang sudah ditetapkan 5 tahun, bagi yang terbentuk sekarang menurut undang-undang melaksanakan tugasnya sampai akhir pilkada itu UU No 7 tahun 2017 tentang penyelenggaraan pemilu,” katanya.
Untuk penertiban baliho calon kepala daerah menurutnya,  setelah bakal calon kepala daerah ditetapkan sebagai calon oleh KPU .
Jika sudah ditetapkan calon,  maka Panwas berhak melakukan penertiban namun jika belum ditetapkan sebagai calon maka penertiban baliho oleh polisi pamong praja setempat.
“Dia lebih keindahan, estetika, kalau dia masang baliho di tikungan nutupi jalan menganggu , silahkan koordinasi dengan pemda agar ditertibkan,” katanya. #osk

Baca:  Anggota Panwas Kabupaten Kota Harus Netral