Turbin PLTMH di Merbau OKU Selatan Diresmikan

83

OKU Selatan, BP

Pertamina Refinery Unit III meresmikan Turbin Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), program Corporate Social Responsilbility (CSR) Desa Energi Mandiri Pertamina di Dusun Saruan, Desa Merbau, OKU Selatan.

General Manager RU III, Djoko Priyono meresmikan langsung Turbin PLTMH bersama dengan Wakil Bupati OKU Selatan, Sholehein Abuasir, dan disaksikan langsung oleh Kepala Desa dan masyarakat Desa Merbau.

Baca:  PT Pertamina EP Asset 2 PALI Bagi Sembako Fakir Miskin di Tiga Desa Kecamatan Berjaya

Djoko menjelaskan bahwa pada tahun 2015 rasio elektrifikasi di Indonesia masih berada di angka 84.35% dan di Sumatera Selatan berada di 76.38%. “Hal ini memperlihatkan masih adanya ketimpangan elektrifikasi di Sumatera Selatan yang cukup signifikan,” jelas Djoko.

Djoko menyatakan bahwa Pertamina berperan aktif dalam mengembangkan Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai sumber pembangkit listrik dalam bauran energi nasional yang dicanangkan Presiden Jokowi.

Baca:  Pertamina Jaga Pasokan BBM dan Elpiji

“Pemanfaatan EBT memang lebih cocok untuk pembangkit listrik. Itu sebabnya tahun 2025, kontribusi EBT pada bauran energi nasional ditargetkan lebih dari 23%, dan mencapai lebih dari 31% pada 2050,” ujarnya.

Peran aktif Pertamina dalam pengembangan EBT ditunjukkan antara lain melalui pemanfaatan energi panas bumi. Proyek panas bumi Pertamina kini telah memiliki kapasitas terpasang sebesar 492 Megawatt (MW) dan mampu menerangi 984.000 keluarga, dan targetnya pada tahun 2025 energi panas bumi dapat menghasilkan daya hingga 2.3 Gigawatt (GW).

Baca:  Kapolda Sumsel Beri Penghargaan GM Pertamina Asset 2

Pertamina juga terus mengembangkan EBT lain seperti energi matahari, angin, dan air sebagai alternatif sumber pembangkit listrik. #ren