Alex Noerdin Paparkan Kesiapan Asian Games 2018

63

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin pada acara dialog ‘Semangat Pagi Indonesia’ dengan tema ‘Persiapan Asian Games 2018’, di salah satu stasiun televisi nasional, di Jakarta, Sabtu (26/8).

Jakarta, BP–Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin memaparkan kesiapan Palembang, Provinsi Sumsel sebagai tuan rumah event olahraga Asian Games 2018 kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Hal itu disampaikan orang nomor satu di Sumsel ini saat menjadi narasumber pada acara dialog ‘Semangat Pagi Indonesia’ dengan tema ‘Persiapan Asian Games 2018’, di salah satu stasiun televisi nasional, di Jakarta, Sabtu (26/8).
Paparan yang disampaikan mulai dari kesiapan venue olahraga, infrastruktur fasilitas penunjang Asian Games, hingga kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) jelang event bergengsi 4 tahunan tersebut.
Seperti diketahui bersama, setelah 1962 lalu Indonesia kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games berlangsung di dua kota, yakni Jakarta dan Kota Palembang pada Agustus 2018 mendatang.
“Di Palembang dampak pembangunan infrastruktur jelang Asian Games sudah bisa dirasakan, mulai dari pembangunan venue, jalan, jembatan, LRT dan berbagai fasilitas penunjang lainnya,” ungkap Alex.
Melalui penyelenggaraan Asian Games, sambung Alex, menjadikan Palembang sebagai kota wisata olahraga di Indonesia sehingga berdampak meningkatnya kujungan wisata. Sebagai tuan rumah Asian Games, Palembang mendapatkan 11 cabang olahraga dan semua persiapan ditargetkan selesai 4 sampai 5 bulan sebelum pelaksanaan.
Salah satu diantaranya, lanjut Alex, Jakabaring Sport City (JSC) yang merupakan komplek olahraga terpusat dan berlokasi di tengah Kota Palembang dengan 18 venue olahraga. Jakabaring dapat ditempuh melalui 5 akses baik melalui jalan dan jembatan baru bahkan LRT yang terhubung langsung mulai dari Bandara SMB II Palembang.
Dikatakan Alex, ini menjadi kelebihan JSC dibandingkan kawasan olahraga lainnya di Indonesia, bahkan Dunia. Selain itu, Jakabaring merupakan green sport city dengan pembangkit listrik tenaga surya dan kendaraan yang boleh beroperasi dikawasan tersebut yakni hydrogen car dan elektrik car.
“Beberapa Minggu lalu kita sudah melaksanakan test event di Jakabaring-Palembang yakni dengan kejuaraan Asian Triathlon dan berlangsung sukses,” jelas mantan Bupati Muba dua periode ini.
Ditambahkan Gubernur Sumsel, fasilitas penunjang Asian Games lainnya, LRT yang menjadi kebanggan masyarakat Sumsel karena merupakan LRT pertama di Indonesia. Mulai dari Bandara hingga Jakabaring sepanjang 24 KM dengan 13 stasiun dan 4 stasiun diantaranya adalah Mall.
“Menariknya lagi, LRT Palembang menyebrangi Sungai Musi, Jadi perjalanan menggunakan LRT itu saja sudah termasuk perjalana wisata,” kata Gubernur Alex.
Menurut Alex, banyak orang bertanya kenapa Palembang, Sumatera Selatan terpilih dan dipercaya sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Selain memiliki pengalaman menyelenggarakan event internasional dan fasilitas olahraga lengkap, Sumsel merupakan daerah zero konflik melalui komitmen pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat Sumsel bersama menjaga kerukunan antar etnis dan kerukunan antar umat beragama.
“Mungkin alasan lainnya karena pengalaman kita, kalau bertanding di Jakabaring, Indonesia selalu menjadi juara umum karna para atlet merasa bangga berkompetisi di kawasan yang memberikan pelayanan terbaik kepada para atlet,” pungkas Alex. #adv
Baca:  Gubernur Alex Noerdin Dianugerahi Kartika Satya Utama FKPPI