Ultimate magazine theme for WordPress.

Warung Sejarah di Sekanak Kerihin

BP/DUDY OSKANDAR
Kepala Dinas Kebudayaan kota Palembang Sudirman Tegoeh

Palembang, BP–Destinasi wisata terbaru kota Palembang Sekanak Kerihin atau Palembang lama nantinya akan dihidupkan dengan kegiatan ekonomi agar bisa berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat kota Palembang.
“Jadi sudut kota tua kita ini seperti Sekanal Kerihin akan terpelihara dengan baik apabila disitu ada kegiatan ekonomi , kalau tidak ada kegiatan ekonomi kita tidak yakin lokasi Sekanak Kerihin akan dikunjungi orang berulang-ulang kali, seperti ada kegiatan kuliner bisa mereka datang setiap minggu sambil ngobrol di Sekanak Kerihin ini,” kata Kepala Dinas Kebudayaan kota Palembang Sudirman Tegoeh, Jumat (25/8).
Dalam Sekanak Kerihin ini, nantinya ada warung sejarah dimana masyarakat bisa melihat profil sejarah kota Palembang khususnya sejarah Sekanak sambil minum.
“Jadi mendapatkan ilmu pengetahuan dan sekaligus juga bisa ngopi , dalam warung itu juga akan menampilkan poto-poto sejarah Palembang menampilkan video sejarah dan sejarah sekanak sehingga mereka bisa melihat sambil minum jadi itu ada simbiosis mutualisme atau sama sama diuntungkan yang pengunjung bisa ngopi dan menambah pengetahuan dan warung bisa untung sehingga pengembangkan simbiosis mutualisme dalam ekonomi harus kita terapkan dan itu bukan tumbuh dari pemerintah saja tapi juga dari masyarakat,” katanya.
Menurutnya, di Pedestrian Sudirman sudah ada pojok sejarah namun itu melihat satu informasi tanpa mendapatkan yang lain. ” Kalau warung sejarah ini mendapatkan dua, orang bisa minum dan bisa belajar sejarah,” katanya sembari mengatakan Sekanak Kerihin akan diluncurkan dalam waktu dekat.
Selain itu menurutnya, ada dua maknanya memelihara salah satu sudut kota tua di Kota Palembang, karena di Sekanak itu sekitar 75 persen bangunan tua yang umurnya di atas 50 tahun, mayoritas peninggalan Belanda. Kemudian, di sana juga terdapat bangunan bioskop tertua di Palembang yaitu Bioskop Rex dan bangunan lainnya.

Baca Juga:  Sejumlah Tokoh Masyarakat Palembang Prihatin Kebudayaan Palembang Makin Lama Makin Hilang
kawasan sekanak

Sudirman menjelaskan, di samping memelihara kota tua, tetapi juga menumbuhkan ekonomi berbasis kuliner. Ke depan Sekanak ini diharapkan menjadi salah satu destinasi wisata berbasis kuliner.

Menurutnya, di Sekanak Kerihin juga nantinya orang bisa santai sambil minum kopi dan restoran juga dekorasinya dibuat tempo dulu, walaupun makanannya kekinian.

“Masyarakat juga diimbau kalau nantinya sudah jadi untuk membuka tokonya pada malam hari. Ini upaya dalam memelihara sudut kota tua Palembang, jadi layaknya seperti Braga Bandung,” katanya.

Baca Juga:  Selamatkan Situs Cagar Budaya Dalam Kawasan Gambut di Sumsel

Selain itu kalau kawasan Sekanak, ditata dengan baik, maka akan tumbuh satu tempat wisata baru di bantaran Sungai Musi.
“Wali Kota Palembang juga mengharapkan Sekanak itu sekitar 50 persennya sudah tertata untuk Asian Games 2018, sehingga mereka yang datang bukan semata-mata untuk olahraga, tapi juga bisa melihat keindahan sudut kota tua Palembang,” katanya.#osk

Baca Juga:  Pemerintah Daerah Miliki Kekuatan Selamatkan  Cagar Budaya di Palembang dan Sumsel

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...