Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-26-27

Produksi PDAM Berkurang 50 Persen

Direktur Operasional PDAM Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya, saat memberikan keterangan kepada awak media.

Palembang, BP — Akibat berkurangnya daya dari aliran listrik, membuat produksi air bersih PDAM Tirta Musi Palembang menurun hingga 50 persen. Hal ini berdampak pada berkurangnya juga aliran air kepada pelanggan dan mengharuskan seluruh pelanggan PDAM menghemat pemakaian air bersih.

Direktur Operasional PDAM Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya mengatakan, PDAM terpaksa mengurangi produksi air bersih selama beberapa hari ke depan. Ia memastikan, hampir semua pelanggan terdampak pengurangan produksi, misalkan penggunaan biasanya 1 meter kubik, sekarang pelanggan paling dapatnya 0,3 – 0,5 meter kubik.

“Ada pengurangan daya PLN untuk memproduksi air bersih. Daya yang dibutuhkan sebesar 400 volt sedangkan yang tersedia saat ini hanya 370 volt,” katanya kepada sejumlah media, Kamis (24/8).

Ia mengatakan, pihaknya harus menurunkan kapasitas produksi air beraih karena tegangan yang masuk lebih rendah dari kebutuhan alat-alat termasuk pompa air. PDAM pun menurunkan produksi 30 persen hingga 50 persen, dari produksi normal 3800 liter perdetik sekarang hanya 1000-2000 liter perdetik saja.

“PLN kemungkinan sedang ada trouble, maka mohon pelanggan memaklumi pasokan air menjadi berkurang,” ungkapnya.

Dari sekitar 138 pompa PDAM, mulaibdari pompa IPA ataupun Boster, Andi mengatakan, pihaknya hanya bisa mengonsentrasikan sebagian pompa saja. Masalah ini sudah terjadi sejak Rabu kemarin dan kemungkinan hingga Sabtu ini.

“274 ribu pelanggan PDAM dipastikan hampir seluruhnya terkena meski mendominasi di wilayah ilir. Wilayah Seberang Ulu seperti Plaju dan Jalan Gubernur H Bastari, masih lumayan alirannya karena pompa langsung ke pelanggan,” ujarnya.

Andi mengatakan, untuk itu pihaknya mengharapkan agar masyarakat bersabar dan menghemat penggunaan air. Meski tidak dipungkiri saat ini pengaduan permasalahan air yang masuk ke PDAM meningkat.

“Masyarakat tidak perlu terlalu khawatir dengan keadaan ini, karena kerusakan bukan terjadi di pelanggan tetapi memang ada permasalahan teknis di PLN. Jika memang mendesak ada keluhan bisa hubungi call centre kami 0711-355222,” terangnya. #pit

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...