Ultimate magazine theme for WordPress.

Tata Enam Bangunan Sekanak Kerihin

Sapri Nungcik

Palembang, BP

Penataan kawasan Sekanak Kerihin atau Sekanak Tempo Dulu sudah sampai tahap mulai menata enam bangunan di kawasan Sekanak Kerihin. Hal ini menjadi salah satu keseriusan Pemerintah Kota Palembang saat ini.

Staf Khusus Walikota Palembang Bidang Percepatan Pembangunan Syafri Nungcik menerangkan, setelah sukses menghidupkan kawasan Sudirman menjadi kawasan wisata baru, sekarang Pemkot Palembang terus mengejar progres pengembangan kawasan Sekanak Kerihin.

“Setelah ditinjau langsung ke lapangan beberapa hari lalu, maka dimantapkanlah pembenahan untuk enam objek bangunan yang akan menjadi ciri khas kawasan tersebut,” katanya, Rabu (23/8).

Ia mengatakan, enam objek yang menjadi ciri khas kawasan Sekanak Kerihin tersebut yakni Bioskop Rosida atau Reks, Gudang Kopi atau Gedung Opera, Jembatan Sekanak, Gedung Tomson, Kantor Hoktong, Hotel pertama di Palembang atau bekas kantor Sumeks.

Baca Juga:  Anggota PWI Ogan Ilir Ikuti Tour HPN Jawa Timur

“Kita akan perbaiki icon-icon kawasan Sekanak Kerihin ini. Kita akan perbaiki dan percantik lagi seperti kondisi dulu tanpa merubah apa yang menjadi ciri khas dari bangunan itu,” jelasnya.

Menurutnya, untuk mewujudkan semua itu, pihaknya harus benar-benar mengetahui kondisi lapangan. Untuk itu, kenapa pihaknya terus melakukan peninjauan, agar saat pelaksanaannya nanti, bisa berjalan lancar. “Progres kita 2017 ini sudah mulai terlihat, itu sesuai instruksi Walikota yang menginginkan kawasan  tersebut bisa dinikmati para tamu saat event Asiam Games 2018 berlangsung,” jelasnya.

Baca Juga:  Bamsoet Ajak Kembangkan Sport Tourism

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang Sudirman Tegoeh menambahkan, pembenahan kawasan Sekanak Kerihin merupakan salah satu dari lima program yang akan di launching Presiden. Maka, pihaknya terus mengejar progres pengembangan kawasan Sekanak Kerihin ini, agar saat launching Tugu Belido, Presiden juga dapat melaunching tanda dibukanya kawasan Sekanak Kerihin.

Sudirman mengatakan, diberharapkan dengan pengembangan kawasan Sekanak Kerihin ini, dapat melestarikan bangunan-bangunan tua yang ada di kawasan sekanak ini.

“Pelestarian kawasan Sekanak Kerihin ini adalah upaya melestarikan bangunan heritage dan cagar budaya bangunan diatas 50 tahun. Selain itu, pelestarian dilakukan untuk menumbuhkan eknomi baru melalui usaha kuliner. Jadi pada malam hari kita minta dan berharap agar toko-toko tersebut menjadikan kawasan tersebut sebagai sentra kuliner,” tandasnya.

Baca Juga:  SKK Migas Bahas Aspek Hukum Pengendalian Emisi Karbon

Sementara itu di lain tempat, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Harobin Mastofa mengatakan, menata Sekanak Kerihin memang bukan hal mudah, sehingga perlu ada keseriusan dari berbagai pihak hingga masyarakat sekitar. Ia menilai, kesadaran masyarakat sekitar perlu ditingkatkan. Membiasakan untuk tidak lagi menjadikan Sungai Sekanak sebagai comberan. Kebiasaan tersebut harus dihilangkan.#pit

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...