Home / Palembang / Peringati Hari Kemerdekaan, PDIP–PKB Sumsel Lakukan Ziarah Ke Makam Pahlawan

Peringati Hari Kemerdekaan, PDIP–PKB Sumsel Lakukan Ziarah Ke Makam Pahlawan

Ketua DPD PDIP Sumsel HM Giri Ramanda dan Ketua DPW PKB Sumsel Ramlan Holdan melakukan tabur bunga di makam Gubernur Sumbagsel pertama dr AK Gani.

Palembang, BP — Peringatan  72 tahun Indonesia merdeka, PDIP Sumatera Selatan (Sumsel) dan PKB Sumsel dan jajaran melakukan ziarah ke makam ulama Ki Marogan di Kertapati Palembang dan dilanjutkan ke Taman Makam Pahlawan Ksatria Ksetra Siguntang Palembang, Selasa (15/8).

Di Taman Makam Pahlawan Ksatria Ksetra Siguntang  Ketua DPD PDIP Sumsel HM Giri Ramandha N Kiemas menjadi pimpinan upacara dan menaburkan  bunga bersama ketua DPW PKB Sumsel Ramlan Holdan di makam pahlawan nasional dr AK Gani dan makam-makam yang lain.

Ketua DPW PKB Sumsel, Ramlan Holdan mengatakan, memaknai kemerdekaan Indonesia ke-72 ini, PKB dan PDIP menjalankan motto Jas Hijau (Jangan sekali-kali menghilangkan jasa ulama) dan Jas Merah (Jangan sekali-kali lupakan sejarah).

“Karena kedua komponen ini sangat berjasa memerdekakan republik ini. Oleh karena itu, generasi muda diingatkan lagi agar sejarah ini tidak terputus, kalau terputus maka kecintaan terhadap negeri ini akan luntur. Jadi, pemaknaan Jas Merah dan Jas Hijau hari ini tidak lain dan tidak bukan, untuk mengingatkan kembali betapa pentingnya sejarah ini kepada generasi muda dan generasi yang akan datang,” katanya.

Ramlan mengatakan dengan memahami sejarah bangsa sendiri, tentu akan meningkatkan nilai kecintaan terhadap negeri ini. Atas dasar itulah, pihaknya melakukan ziarah ke makam pahlawan dan Ki Marogan. Karena, saat ini sudah jarang generasi muda itu paham, bahwa ulama itu bagian besar dari perjuangan Indonesia.

“Ulama tentu tidak hanya merebut kemerdekaan, tapi punya tugas lain yang lebih penting, yakni perjuangan ulama mengisi kemerdekaan, ini yang lebih penting. Jangan sampai negeri yang sudah dibangun ini terkoyak-koyak lagi,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD PDIP Sumsel, HM Giri Ramanda menerangkan, kemerdekaan ini merupakan berkah dan keberanian yang luar biasa, dari para pendulu dan pejuang Indonesia. Ketika para pejuang meneriakkan kata merdeka, berarti mereka siap untuk Indonesia.

“Makanya, disetiap kegiatan PDIP hingga hari ini selalu meneriakkan kata merdeka. Karena, itu mengingatkan pada perjuangan meraih kemerdekaan bangsa ini sangat berat. Kemerdekaan itu, pada bagiannya jangan sekali kali melupakan sejarah Bung Karno, ketika memerdekakan Indonesia,” katanya.

Giri melanjutkan, kemerdekaan itu hanya jembatan emasnya saja, untuk menuju bangsa Indonesia yang lebih baik lagi, dengan kemerdekaan itu, mengingatkan lagi bagaimana para pejuang merintis jembatan emas itu, yang telah begitu banyak pengorbanan.

“Mereka tidak memikirkan diri mereka sendiri, tapi para pejuang ini memikirkan bagaimana anak cucu mereka hidup dialam kemerdekaan dan mengisi dengan pembangunan,” katanya.

Wakil Walikota Palembang Fitri Agustinda dan Ketua DPRD Palembang Darmawan, juga ikut melakukan abur bunga di makam Gubernur Sumbagsel pertama Dr AK Gani.

“Hari ini adalah hari yang bersejarah karena jas merah dan jas hijau bersatu, intinya bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dan kami hari ini benar-benar terharu dan bangga bisa bergabung bersama ke makam pahlawa  dan mendoakan pahlawan yang gugur mendahului kita, berjuang meraih kemerdekaan dan tugas kita mengisi pembangunan dengan membangun kota Palembang,” kata Fitri Agustinda.

Sementara itu, Wakil Ketua PWNU Sumsel, Hernoe Roesprijadji mengatakan, ulama dan santri sangat berjasa dalam merebut kemerdekaan. Bentuk dari kegiatan ini untuk tidak menghilangkan jasa para ulama dan pahlawan nasional.

“Mereka yang sudah mendahulukan kita doakan semoga para pahlawan tenang, sedangkan para pahlawan yang masih hidup perlu perhatian khusus, karena masih banyak para veteran yang hidup dalam kekurangan,” katanya. #osk

 

x

Jangan Lewatkan

Harnojoyo: Saya Lebih Sehat Divaksin Covid-19

Palembang, BP–Walikota Palembang Harnojoyo melaksanakan vaksinasi Covid-19 perdana di RSUD Palembang Bari, Jumat (15/1/2021). Sebelum vaksinasi dilaksanakan, ia melalui proses ...