Ultimate magazine theme for WordPress.

Sebaran ‘Hotspot’ Terbanyak di Ogan Ilir

270 Kades OI Minta Dikumpulkan
Palembang, BP
Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan, sebaran jumlah hotspot atau titik panas dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumsel pada Agustus 2017 ini terdapat sebanyak 86 titik panas.
“Dari jumlah titik panas yang ada ini, sebaran terbanyak terdapat di Kabupaten Ogan Ilir. Di sana terdapat sebanyak 25 titik panas,” kata Pelaksana Tugas (Plt) BPBD Provinsi Sumsel Iriansyah usai rapat bersama Karhutla, di Kantor BPBD Sumsel, Selasa (8/8).
Untuk sebaran titik panas, sambung dia, tersebar di Kota Palembang, Lubuk Linggau, Ogan Komerin Ulu (OKU) Timur dan OKU Selatan ada satu titik. Kemudian, di Banyuasin dan PALI ada empat titik. Lalu, di Muratara dan Empat Lawang ada 4 titik.
Sedangkan di Ogan Komering Ilir (OKI) dan Muara Enim, lanjut dia, ada enam titik. Lalu, di Musi Banyuasin (Muba) ada sebanyak 7 titik, Musi Rawas ada 8 titik, serta di OKU ada 12 titik panas.
Dikatakan dia, saat ini pihaknya mengajukan penambahan peralatan pemadaman kepada BNPB. Untuk saat ini telah ada empat helikopter yang disiagakan jika terjadi kebakaran lahan. Keempat heli berjenis ER MHV MI 17, EY 222 mi 8, ER MHS mi 17 dan
PK EAJ BO 105 dengan kapasitas 4 ton air.
“Saat ini masih kita ajukan, untuk antisipasi jika terjadi kebakaran lahan dan hutan lagi,” singkatnya.
Sementara itu, Staf Khusus Gubernur Karhutla Yulizar Dinoto, meminta SKPD terkait diantaranya Dinas Pertanian, Kehutanan dan Lingkungan Hidup untuk meningkatkan intensitas kerja. Selain itu, mengumpulkan semua pemilik kebun, HTI dan Kepala Desa (Kades).  Baik daerahnya yang sudah terbakar maupun belum terbakar.
“Saya minta seluruh 270 kepala desa di Ogan Ilir dikumpulkan,” ungkap Yulizar.
Ia juga menambahkan, perlu ada penambahan posko dan jadwal patroli yang berkesinambungan. Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi kebakaran lahan agar cepat diatasi.
“Saya minta juga pemilik lahan di data cari tau pemilik lahan yang terbakar,” pungkasnya. #rio
Baca Juga:  Jalan Desa Lubuk Keliat Nyaris Putus
Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...