Ultimate magazine theme for WordPress.

Artha Graha Kucurkan KUR Rp225 M di 3 Daerah Sumsel

Palembang, BP
Bank Artha Graha siap mengucurkan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai total Rp225 miliar. Alokasi ini akan diperuntukkan bagi sebanyak 9.000 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tiga Kota/Kabupaten di Sumsel yakni Kota Palembang, Banyuasin, dan Pagaralam.
Setiap UMKM berkesempatan untuk bisa mendapatkan dana KUR maksimal sebesar Rp25 juta/UMKM. Ditargetkan paling lambat November tahun ini dana sebesar Rp225 miliar dari program KUR Bank Artha Graha ini bisa terserap seluruhnya.
Kepala Cabang Bank Artha Graha Rivai Elvin Halim mengatakan, sejak diluncurkan di Januari tahun ini, sudah ada beberapa UMKM yang hendak mengajukan diri untuk mendapatkan KUR mengadu.
Pasalnya, selain terkesan dipersulit dalam pengurusan pengajuan KUR, oleh oknum tak bertanggungjawab mereka dikenakan biaya mulai dari biaya formulir hingga biaya-biaya lain.
“Di kesempatan ini kami tegaskan untuk pengurusan pengajuan KUR di Bank Artha Graha semuanya gratis, asalkan sesuai dengan persyaratan proses kredit mereka dipastikan takkan dihambat,” ujar Elvin, Rabu (19/7).
Dan Guna menyukseskan program pemberdayaan UMKM serta untuk seleksi tahap awal, Kata Elvin pihaknya menggandeng Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Usaha dan Ekonomi Kreatif (LPPUEK) Sumsel.
Anggota tim program pemberdayaan KUR kantor pusat Bank Artha Graha, Andhika KS mengungkapkan, Bank Artha Graha sendiri merupakan salah satu bank swasta yang ditunjuk pemerintah guna memfasilitasi pemberian KUR bagi UMKM dengan persyaratan yang sangat mudah dan bunga efektif 9 persen.
Dengan menggandeng LPPUEK Sumsel menjadi bapak angkat diharapkan dapat melakukan seleksi terhadap calon debitur KUR sehingga dapat betul-betul tepat sasaran sekaligus berdaya guna.
“LPPUEK ini sekaligus menjadi mitra bagi Bank Artha Graha yang diharapkan juga ikut berperan aktif dalam meluruskan kesimpangsiuran berita terkait persyaratan bagi UMKM untuk bisa mengajukan KUR disini,” katanya.
Sementara itu, Direktur LPPUEK Sumsel, Juli Rianthory mengungkapkan, lembaga yang dipimpinnya merupakan satu-satunya yang diberikan kepercayaan oleh Bank Artha Graha guna melakukan pendampingan  sekaligus pembinaan terhadap UMKM calon penerima dana KUR ini.
Juli menambahkan, kini sudah ada beberapa asosiasi UMKM yang telah berafiliasi dengan LPPUEK Sumsel untuk penyaluran dana KUR dari Bank Artha Graha ini diantaranya Aliansi Masyarakat Pelaku Kerakyatan (Ampera) Sriwijaya, Gabungan Pengusaha Handycraft Makanan dan Minuman (Gapeham), Himpunan Pedagang Kaki Lima (Hipkli), Asosiasi Ojek Indonesia (Asoi) dan Himpunan Pedagang Pecel Lele.
“Di daerah Banyuasin kita juga berafiliasi dengan DPD Aliansi Ampera Bangkit dan di Pagaralam dengan DPD Ampera Berkah. . Keduanya merupakan asosiasi pengusaha UMKM,” pungkasnya. #ren
Baca Juga:  SKK Migas, Medco E&P Santuni Panti-panti Asuhan di Sumsel
Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...