Muba Komitmen Cegah Karhutlah

58

Kepala Dinas PMD Sumsel H Yusnin, SSos, MSi menyampaikan arahan pada kegiatan sosialisasi Restorasi Gambut tahun 2017 di Muba bertempat di Wisma Atlet Sekayu, Sabtu (22/7).

Sekayu, BP

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumatera Selatan menggelar sosialisasi restorasi gambut kepala desa tahun 2017 di Aula Wisma Atlet Sekayu.

Sosialisasi yang diikuti para kepala desa di Kabupaten Musi Banyuasin, Ogan Komering Ilir, dan Kabupaten Banyuasin ini dibuka langsung Asisten I Setda Muba H Rusli, SP, MM, Sabtu (22/7).

Asisten I mengatakan, Pemerintah Kabupaten Muba menyambut baik kegiatan yang dipusatkan di Bumi Serasan Sekate ini, karena juga sejalan dengan program nasional dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan, untuk itu diperlukan koordinasi antar stake holder agar restorasi gambut di setiap daerah dapat berjalan dengan baik.

Baca:  Ada SiApe, Buat Administrasi Kependudukan Cukup Tunggu di Rumah Saja

“Kepada kepala desa manfaatkanlah ilmu yang didapat dari kegiatan ini. Kita semua sepakat, dan berkomitmen dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan,” ujar Rusli.

Sementara itu Kepala DPMD Provinsi Sumsel H Yusnin, SSos, MSi yang pernah menjadi Penjabat Bupati Muba mengatakan, pencegahan karhutlah menjadi perhatian bersama dan perhatian dunia, karena berkurangnya hutan akan sangat berpengaruh terhadap perubahan iklim.

Baca:  Bupati Dodi Reza: Berjumpa Keluarga Besar TNI Terasa Seperti di Rumah Sendiri

“Upaya yang paling efektif adalah pencegahan. Tolong kepala desa sosialisasikan ke masyarakat di desa masing-masing, kita yakin kalau pak kades turun langsung ke lapangan pasti bisa mencegah karhutlah,” ungkapnya.

Lanjut Yusnin, pelaksanaan sosialisasi restorasi gambut tersebut juga dalam rangka mendukung pelaksanaan Asean Games 2018 yang akan datang.

Adapun narasumber kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari ini yakni Staf Khusus Gubernur Sumsel Bidang Restorasi Gambut Dr Najib Asmani selaku Koordinator Tim Restorasi Gambut (TRG) Sumsel, dari Korem 044 Gapo Mayor Mujari, DPMD Provinsi Sumsel, DPMD Muba, dan dari BPBD Muba.#arf