HIPMI Sumsel: Mulai Usaha Dengan Membangun Relasi

36

Dua pengurus HIPMI Sumsel, Chepi Aditia dan Febriansyah, bersama host Adjie Soebijantoro dalam talkshow business Trijaya Palembang.

Palembang, BP

Menggeluti sebuah bisnis tidak hanya mengandalkan kemampuan pada bidang tertentu. Lebih jauh sebuah bisnis bisa tumbuh atau tidak, akan sangat bergantung pada jaringan relasi. Demikian ketika tengah berupaya mencari peluang usaha sehingga bisa terjun di dunia bisnis.

“Selain passion yang biasanya menjadi modal dasar dalam memulai usaha, sebenarnya hal yang sangat menentukan perjalanan bisnis itu adalah jaringan relasi. Pebisnis yang sukses umumnya memiliki jaringan relasi bisnis yang baik,” kata  Kompertemen Ekonomi Syariah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatera Selatan Chepi Aditia dalam Talkshow Business Radio Trijaya Palembang, Rabu (19/7) malam.

Ditunjang dengan wawasan yang banyak, jaringan relasi yang baik biasanya akan mengantarkan pelaku usaha lebih berkembang dan selalu banyak cara dalam mengatasi permasalahan dalam bisnis yang digeluti. Sehingga, proses pengembangan usaha, bisa dengan mudah dilalui.

Baca:  GPS Tak Hanya Beri Bantuan Kematian

“Bergaul dengan orang-orang yang tepat, terutama yang bisa menjadi pendorong berkembangnya bisnis, menjadi salah satu kunci jaringan relasi itu bisa berjalan dengan baik, sehingga kemampuan kita tadi bisa terpakai dan menghasilkan,” kata pebisnis bidang transportasi dan pendidikan ini.

Chepi mengakui, pasang surut usaha merupakan hal yang biasa dialami oleh pebisnis, namun selagi yang dilakukan adalah baik, tidak menyimpang dari yang seharusnya, maka hasilnya pasti akan memuaskan. “Sebagai muslim, ikhtiar harus dimiliki, satu per satu permasalahan diselesaikan, dan mudah-mudahan tantangan bisnis itu bisa dilalui dengan baik,” tutur dia.

Baca:  KADIN Lahat Sebut Inovasi Aspal Karet Muba Luar Biasa

Demikian pula yang dikatakan Kompertemen Bidang Infrastruktur HIPMI Sumsel Febriansyah, dalam memulai bisnis seorang pelaku usaha harus memiliki kemampuan cerdas mencari dan memilih peluang. Caranya dengan banyak bergaul dan menjalin pertemanan yang postif.

“Banyak belajar tentang bisnis dan memiliki banyak teman yang postif itu dengan sedirinya akan membuka peluang usaha. Kemudian, harus fokus dan melihat kemampuan diri, jangan terlalu ambisius namun tetap punya target,” katanya.

Menjaga relasi agar bisa mendorong kemajuan bisnis, Febri mengakui jika integritas sesama teman harus baik terlebih dahulu, menjadi teman yang baik itu agar bisa dipercaya sehingga dalam mengembangkan bisnis, bisa lebih mudah dan kokoh.

Baca:  HIPMI Siap Bersinergi Membangun Sumsel

“Sebenarnya bisns itu tidak ada yang instan, step by step harus dilalui. Karena mempertahkan biasanya akan lebih sulit, maka itu jaringan relasi tadi menjadi poin yang tak terpisahkan,” tutur pengusaha bidang konstruksi dan tour and trevel ini.

Febri tidak menampik, fluktuasi dalam menjalani usaha pasti terjadi, namun itu semua bisa dilalui dan bisa tetap tumbuh, jika pelaku usaha memiliki hubungan yang baik dalam bisnisnya. #ren