Home / Hukum / Polda Bekuk Terduga Simpatisan ISIS di Gelumbang

Polda Bekuk Terduga Simpatisan ISIS di Gelumbang

Terduga simpatisan ISIS, Toni Rianda (tertunduk), saat tiba di Polda Sumsel.

Palembang, BP
Kepolisian Daerah Sumatera Selatan membekuk seorang terduga simpatisan Negara Islam Irak-Suriah (ISIS), Sabtu (8/7) sekitar pukul 15.30.

Identitas terduga simpatisan tersebut yakni Toni Rianda (24), warga Jalan Sembilang nomor 66, Gang Karet, RT5/4, Pekanbaru, Riau.

Terduga langsung dibawa dari Mapolsek Gelumbang pukul 17.00 dan tiba di Mapolda Sumsel pada pukul 18.00. Terduga diiringi oleh 30 anggota Sat Brimob Polda Sumsel hingga diserahkan kepada Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel.

Kronologis penangkapan, terduga Toni tengah berkendara dengan menumpang bus Juwita jurusan Palembang-Tanjung Enim warna hijau biru bernopol BG 7713 AU dari Palembang menuju Tanjung Enim.

Saat itu, anggota Polsek Gelumbang tengah melaksanakan razia tepat di depan Mapolsek Gelumbang, Jalan Raya Prabumulih-Palembang.

Polisi telah mendapatkan informasi awal terkait kedatangan terduga menggunakan bus tersebut. Saat bus melintas, kepolisian memberhentikan bus tersebut.

Terduga tengah duduk di posisi  di bagian depan sebelah kiri mobil tepat di samping sopir langsung disuruh turun oleh petugas dan kemudian terduga Toni diamankan ke Mapolsek Gelumbang.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto membenarkan penangkapan tersebut. Agung berujar, terduga diketahui memposting hal-hal tentang ISIS di media sosial milik yang bersangkutan.

“Sekarang sudah di Mapolda untuk pemeriksaan intensif. Sekarang belum ada delik tindak pidananya. Dia ditangkap saat razia gabungan Polres Muara enim dan Polda,” ujar Kapolda.

Pihaknya turut menyita barang bukti berupa laptop, pakaian, KTP, kartu ATM Bank Mandiri, SIM C, lisensi operator K3, ponsel, serta powerbank.

Kapolda berujar, terduga saat ini masih diperiksa di Subdit III/Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut.

Dari informasi yang diterima, Toni ternyata telah menjadi target Mabes Polri sejak lama. Cyber Crime Mabes Polri telah membidik Toni sejak lama. Dimana dia sering mengupload tentang kegiatan ISIS di akun media sosial miliknya.

Dari sana, petugas langsung mendeteksi keberadaan pelaku yang diduga menjadi pengikut jaringan ISIS lintas Sumatera.
Toni pun sempat beberapa kali berpindah tempat. Yakni di kawasan Kuansing Riau dan Kabupaten Merangin Jambi.

Sata memasuki kawasan Kabupaten Muaraenim, Polisi yang mengetahui posisi dan identitas Toni langsung melakukan penangkapan. #idz

x

Jangan Lewatkan

Sempat Bergumul Dengan Polisi, Pemuda Bawa Pedang Ditangkap

Palembang, BP–Kerap membawah senjata tajam (sajam) dan meresahkan warga, Saju (26) terpaksa diringkus Anggota Unit Reskrim Polsek Seberang Ulu (SU) ...