Home / Headline / Pemuda Harus Bersatu Menjaga NKRI

Pemuda Harus Bersatu Menjaga NKRI

Palembang, BP

BP/DUDY OSKANDAR
DIALOG-Foto bersama usai dialog interaktif kebhinekaan dan kebangsaan yang digagas Forum Pemuda NKRI Sumsel, di Gedung DPRD Sumsel, Rabu (24/5).

Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Sumatera Selatan Dr HMC Baryadi mengajak para pemuda yang tergabung dalam Forum Pemuda NKRI tetap bersatu dalam rangka mempersatukan NKRI. Baryadi menilai tidak bersatunya bangsa Indonesia dikarenakan adanya faktor politik praktis dan faktor ekonomi.

“Dua faktor ini harus di kuasai dulu, jika keduanya diselesaikan maka pesan perdamaian, persatuan dan kesatuan bisa di sampaikan kepada warga masyarakat, “ kata Baryadi saat dialog interaktif kebhinekaan dan kebangsaan yang digagas Forum Pemuda NKRI Sumsel di Gedung DPRD Sumsel, Rabu (24/5).

Baryadi menjelaskan kenapa masyarakat harus menjaga keutuhan NKRI, ia menjelaskan, karena yang melakukan SARA itu sebenarnya bukan rakyat.

“Bukan juga yang melakukan demo. Tapi, aktor-aktor politik yang berkuasa itulah, yang selama ini menciptakan SARA, yang menciptakan masalah. Seharusnya, mereka-mereka itulah yang harus mendengarkan. Jadi Pemuda NKRI sumsel saat ini harus menjalankan tiga hal, yakni jangan lepas dari kepercayaan/agama, apapun agamanya. Kemudian jalankan budaya dan jalankan olahraga,” ungkap Baryadi.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Prof dr Amin Suyitno mengatakan mengutip apa yang telah diungkapkan Gus Dur, bahwa tidak penting apapun agama atau suku mu, kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, maka orang tidak akan menanyakan apa agama mu.

“Dari ungkapan itu, ya memang kita butuh perbedaan. cowok butuh cewek, pemuda butuh orangtua dan sebagainya agar saling membutuhkan. Inilah hikmah mengapa realitasnya NKRI indah dengan banyak perbedaan,” katanya.

Sementara itu, anggota DPD RI Siska Marleni mengatakan jika hingga saat ini dan sampai kapan pun masyarakat masih harus tetap menjaga keutuhan NKRI.

”Dalam bentuk dan kondisi apa pun itu kita akan selalu disibukkan untuk menjaga bangsa ini dan ini masih menjadi konsen kita. Kegiatan seperti ini merupakan hal positif dalam menyampaikan menjaga NKRI ini,” kata Siska Marleni.

Sedangkan Ketua Pelaksana acara yang juga sekretaris FPK Sumsel Ahmad Marzuki mengatakan, jika acara ini juga merupakan bukti jika para pemuda yang ada di Sumsel masih tetap solid.

”Ini tentang kebersamaan kami para pemuda lintas Agama yang masih solid hingga kini,” katanya.

Dalam acara itu sendiri dihadiri oleh puluhan organisasi mulai dari organisasi mahasiswa, PMII, GMKI, IPPNU, Pemuda Katholik, Pemuda Hindu, Pemuda Kristen, HPP Muratara dan Pemuda Tionghoa.

#osk

x

Jangan Lewatkan

Buat Onar Antoni Berurusan Dengan Polisi

Palembang, BP Buat keonaran di rumahnya, Antoni, warga Lorong Talang Kemang, Kelurahan Sentosa, Kecamatan Seberang Ulu (SU) II Palembang, harus ...